Masyarakat Resah, 26 Desa di Kerinci Tanpa Pjs Kades

(Dok)

Kerinci,Gegeronline.co.id-Sebanyak 26 Desa di wilayah Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi hingga kini belum ada Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa. Akibatnya roda Pemerintahan Desa kurang berjalan dengan baik, karena Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tidak dapat dicairkan.

Kekosongan Pjs Kades di 26 Desa di Kabupaten Kerinci sudah berjalan lama, dan tak heran masyarakat merasa resah, karena tidak bisa mendapat pelayanan dari Pemerintah Desa.

Bacaan Lainnya

Apalagi ditengah Pendemi Covid-19, masyarakat tidak bisa menerima Bantuan sosial (Bansos) seperti BLT dari Dana Desa.

Masyarakat sangat berharap agar masalah kekosongan Pjs Kades dalam 26 Desa di Kabupaten Kerinci segera dapat diselesaikan oleh Bupati Kerinci Adirozal. Jika terus dibiarkan dikhawatirkan akan menambah beban penderitaan rakyat.

Begitu juga dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kerinci agar segera menyerahkan hasil tes Pjs Kades yang telah diusulkan BPD kepada Bupati Kerinci agar roda Pemerintahan Desa bisa berjalan dengan baik dan normal.

Afrizalmen DPT, salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Kerinci kepada Gegeronline, Rabu (29/7/2020) mengatakan, berdasarkan informasi yang saya dapatkan di lapangan ada 26 Desa di Kabupaten Kerinci belum ada Pjs Kades. Akibatnya masyarakat merasa resah karena tidak mendapat pelayanan yang baik dengan alasan  tidak adanya pejabat Desa yang bertanggung jawab, kata Afrizalmen.

Ia menambahkan, karena tidak adanya Pjs di 26 Desa masyarakat tidak bisa menerima BLT dari DD, selain itu dana DD dan ADD tidak dapat dicairkan, tambahnya.

Untuk itu ia berharap kepada Bupati Kerinci untuk mengambil kebijakan terkait kekosongan 26 Pjs Kades di Kabupaten Kerinci, jika terus dibiarkan berlarut-larut maka masyarakat akan menambah penderitaan rakyat, harapnya.

Kepala Dinas PMD Kerinci Drs. Sahril Hayadi saat ditemui BERITAANDA di ruang kerjannya, Rabu (29/7/2020) membenarkan, sebanyak 26 Desa belum memiliki Pjs Kades.

“Ya, ada 26 Desa yang belum ada Pjs Kades. Alhamdulillah untuk 22 Desa sudah selesai, tinggal menunggu tanda tangan Bupati,” ungkap Sahril.

“Mudah-mudahan awal bulan Agustus ini sudah bisa dilantik oleh Camatnya masing-masing,” harap Sahril (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *