Pengerjaan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Kerinci Diduga Asal Jadi

Ket Foto: Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci.

Kerinci,Gegeronline.co.id-Proyek Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi yang di kerjakan oleh CV. Sahabat Mitra Sejati bersumber dari dana APBD Provinsi Jambi dengan nilai kontrak sebesar Rp. 754.181.137,23 diduga dikerjakan oleh kontraktor pelaksana asal jadi.

Pantauan Geger Online di lokasi proyek tersebut, Kamis (27/8/2020) lalu, ditemukan material-material yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan gambar kerja, Diantaranya ditemukan pasir yang bercampur tanah. Selain itu bahan baja ringan yang digunakan untuk atap tidak memenuhi standar, dan juga besi yang di pakai untuk tiang dan pondasi tidak berstandar SNI. Begitu juga pada pekerjaan galian pondasi yang seharusnya 100×100 namun realisasinya di lapangan diduga tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangunan tersebut.

Bacaan Lainnya

Jika hal ini  terus dibiarkan, berdampak buruk dengan mutu pekerjaan dan berimbas pada umur dan ketahanan gedung tersebut. lemahnya pengawasan dalam proses pengerjaannya juga menjadi penyebab utama dari buruknya mutu konstruksi tersebut.

IN (46) salah satu warga Kerinci kepada Geger Online Kamis (27/8/2020) mengatakan, pengerjaan proyek pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang berlokasi di Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci hasilnya sangat mengecewakan, padahal dananya cukup besar Rp. 754 juta, contohnya pada pekerjaan pembesian diduga kuat kontraktor pelaksana tidak memakai besi yang berstandar SNI, ujarnya.

Seharusnya pihak kontraktor CV. Sahabat Mitra Sejati mampu mengutamakan kualitas bukan sebaliknya malah memperburuk kualitas. Hal ini memicu rasa kurang percaya publik dengan amanat terapan uang pajaknya yang di alokasikan dalam proyek Pemerintah itu, tambah IN.

Untuk itu diharapkan kepada pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pengawas lapangan agar turun langsung ke lokasi proyek tersebut untuk melihat langsung kondisi proyek yang dikerjakan CV. Sahabat Mitra Sejati, tutup IN.

Hingga berita ini di terbitkan pihak CV. Sahabat Mitra Sejati belum berhasil dikonfirmasi, dan kita harapkan pihak kontraktor pelaksana dapat memberikan hak jawab dalam waktu dekat kepada gegeronline.co.id (Yal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *