Napi Rutan Sungai Penuh Hasilkan Sejumlah Produk Karya Seni

Ket Foto: Karya Seni Narapidana Rutan Sungai Penuh.

Sungaipenuh,Gegeronline.co.id-Program pembinaan dan pelatihan terhadap Narapidana (Napi) terus dilakukan oleh Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Sungai Penuh. Salah satunya dengan mengasah dan meningkatkan kreativitas para Napi.

Iya, di Rutan Kelas II B Sungai Penuh, para Napi diberikan kesempatan untuk menyalurkan kreativitasnya melalui Bimbingan Kerja.

Bacaan Lainnya

Kini, program Bimker tersebut berbuah manis. Sejumlah hasil seni karya para Napi mulai diproduksi dan bahkan telah dilirik masyarakat umum.

Beberapa seni karya yang telah sukses dibuat oleh Napi Rutan Sungai Penuh antara lain, miniatur kapal dari kayu, jam dinding unik dari kayu, boneka kayu, bunga dan pohon dari limbah kayu dan bebeberapa seni karya kayu lainnya. Sementata seni karya dari besi, para Napi telah memproduksi beberapa produk seperti tempat atau rak-rak pot bunga, tempat sepatu dan seni kreatif lainnya.

Tidak hanya itu, para Napi yang berkarya di Bimker Rutan Sungai Penuh juga berhasil membuat karya merombak dan membuat baru kursi sofa atau kursi minimalis. Menariknya, seni karya tersebut kini sudah mulai dilirik oleh masyarakat luas. Bahkan dalam dua minggu terakhir ini sudah 16 buah orderan dari warga, berupa rak-rak pot bunga, kursi sofa dan lainnya.

Pembina Bimker Rutan Kelas II B Sungai Penuh, Antori Setiawan, kepada media ini membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, program Bimker ini merupakan salah satu bentuk pembinaan para Napi untuk menyalurkan bakatnya dan mengasah kreativitas.

Ia menambahkan, hal ini sesuai dengan pernyataan Kepala Rutan Sungai Penuh, Eli Susanto, yakni masyarakat bertanya Rutan Sungai Penuh menjawab, terutama tentang bagaimana pembinaan bagi Napi di Rutan Kelas II B Sungai Penuh.

“Sejauh ini sudah ada 16 orderan dari warga, sebagian sudah selesai dikerjakan di Bimker dan sudah diantar ke pemesan, saya sendiri yang mengantarnya,” sebutnya.

Dirinya juga tidak menampik dan siap melayani jika ada masyarakat umum yang berminat dengan hasil karya Napi Rutan Sungai Penuh.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Sungai Penuh, Okky Apriyanto. Ia mengatakan, pembinaan dan peningkatan kreativitas Napi ini terus dilakukan pihaknya, dengan harapan para Napi bisa mengembangkan kreativitasnya tersebut setelah bebas dan kembali ke masyarakat.

“Ini bentuk dari pembinaan kita. Bagi Napi yang punya bakat dan kreativitas, kita sediakan tempatnya. Semoga bermanfaat bagi Napi setelah kembali ke masyarakat nantinya,” jelas Kasubsi Pelayanan Tahanan, Okky Apriyanto.

Dirinya juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi warga yang berminat dengan hasil karya narapidana Rutan Kelas II B Sungai Penuh untuk mengorder karya para napi tersebut. “Kalau ada warga yang berminat, silakan menghubungi kami,” bebernya. (Fai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *