Cerita Duka Dibalik Dokumen Usang

Ket Foto: Atas Dok Usang Bidik dari tahun 2002, bawah Bidk07elangOposisi, (foto, Dok).

Kotacurup,Gegeronline.co.id-Surat Kabar Mingguan Bidik Independen Bengkulu terbit perdana Juni 2002 silam, sampai kini telah berumur kurang lebih 17 tahun, pada Juni 2019 lampau berubah nama menjadi Bidik07elangOposisi cetak dan online.

Pencetus ide berdirinya mingguan Bidik Independent saat itu oleh Gafar Uyub Depati Intan, (Bang Ayub) lalu didirikan bersama R John Kennedy Latiep, Ir. Lukman Zaini, Netty Herawati Cs. Netty kini wakil Bupati Kabupaten Kepahiang, R John Kennedy Latiep bergerak di Kontraktor PT. Jurai Putra Agung, Ir. Lukman Zaini, Konsultan teknik (ahli jalan) dan Gafar Uyub Depati Intan, aktiv di jurnalistik sudah 30 tahun sampai sekarang.

Bacaan Lainnya

Bang Ayub, begitu ia akrab disapa kalangan Wartawan di Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, dan Riau dimasa mudanya ia aktiv meliput di empat Provinsi tersebut, katanya disela-sela ia menyusun dan merapikan kembali sejumlah dokumen mulai dari arsif ketikan mesin ketika, hingga era komputerisasi sampai era terkini 2020. Katanya pada Gegeronline, Minggu (13/9/2020).

Menurut Bang Ayub, banyak cerita duka dari balik berkas dan dokumen usang tersebut. Selain, arsip berita, surat-surat dan dokumen Komite Wartawan Reformasi Indonesia Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu (DPD-KWRI) Bengkulu 2004-2007 saat itu, ia menjabat Ketua di Bengkulu.

Dijelaskan Bang Ayub, selama 30 tahun aktiv di Jurnalist sampai sekarang, memang berliku dan telah merasakan pahit getirnya menjadi Wartawan, yang activ menulis dan menulis terus. Nyaris tanpa hari yang lowong, hanya dihabiskan untuk menulis, baik karya Jurnalistik artikel Ilmiah, Opini, Budaya dan lain sebagainya.

Sebelum mendirikan Bidik Independen, bersama John Kennedy Latif, Ir Lukman Zaini dkk selama 16 tahun menulis diberbagai media terbitan Jakarta, Inti Jaya 4 tahun, Swdasei 12 tahun dan menjadi Koresponden Lepas disejumlah media cetak Majalah D&R, Harian Pelita, Majalah OPSI (Palembang), Tabloid Bijak (Padang), Majalah Waktu (Bandung) dll.

Redaktur Rafflesia Post Bengkulu 2014 sampai sekarang & Ramaonline.co. Pemimpin Redaksi Gegeronline, April 2028 sampai sekarang dan BidikelangOposisi Juni 2019 sampai sekarang. Tiga puluh tahun adalah waktu yang panjang, tapi tidak terasa, karena asik menulis dan menulis terus hingga kini, paparnya.

Dijelaskan Bang Ayub, selama tiga puluh tahun bekerja sebagai kuli tinta, merasakan pahit getirnya apa lagi di era pemerintahan orde baru (orba), yang tumbang 1998, 22 tahun silam.

Dan sejak era reformasi kebebasan dirasakan, kendati masih banyak masalah tentang kebebasan menyampaikan pendapat didepan umum tertulis dan lisan. Dan di era orde baru sempat menyaksikan sejumlah penerbitan di Bredel, (diberangus) oleh orba.

Bidk Independen, kendati berumur sudah 17 tahun, namun yang eksis hanya Sembilan tahun. Dan kini dilanjutkan dengan media online, Bidik07elangOposisi, ujarnya.

Dan sejumlah mantan Wartawan Bidik Independen, ada beberapa orang yang mengikuti jejak saya hingga kini, dan kebanyakan memilih profesi lainnya, seperti Zainal Antoni, sempat menjadi kontraktor, ada yang jadi kades seperti Suardesi di Kerinci, serta memilih pekerjaan Tani dan Dagang.

Apapun pilihan terakhir, yang jelas dunia Wartawan (Kuli tinta) melatih kita banyak membaca dan belajar dari tidak tahu menjadi tahu, Bukan karena pintar, tapi karena dihadapkan pada masalah.

Dan saya sangat sayang dengan buku-buku, apa lagi dokumen makanya saya susun kembali dan simpanan, kendati mungkin tak ada laginya. Tapi, bagi saya itulah harta, yang mengandung banyak kisah dan cerita. Yang baru saya susun kembali hanya sebagian kecil, masih banyak lagi, ujarnya.

Dan banyak keunikan di Bidik, ada Wartawan saya yang namanya langsung melekat dengan Bidik, yaitu Edy Bidik tinggal di Argamakmur Bengkulu Utara, kendati kini Ia mendirikan media sendiri, namun panggilan yang melekat pada dirinya, Edy Bidik. Ia, lahir dan dibesarkan di Bidik, sebagai Jurnalist Otodidak, hingga kini activ menulis. (Sbong Kime/Haris, SP/+_).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *