KKN Harus Dikikis Habis, Ini Visi dan Misi Ahmadi-Antos

Sungaipenuh.Gegeronline.co.id-Mengingatkan pentingnya menjadi pemilih cerdas saat Pilwako 9 Desember mendatang, salah satunya dengan mempertimbangkan calon yang akan dipilih secara objektif.

Jadilah pemilih yang cerdas, rasional dan berkualitas. Memilih dengan menggunakan akal sehat dan hati nurani, dengan demikian pemilih cerdas berarti masyarakat sadar betul arti penting dirinya sebagai pemilih. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mencermati rekam jejak calon-calon dalam Pilkada.

Bacaan Lainnya

Berikut Visi dan Misi Duo Akademisi Drs. Ahmadi Zubir, MM dan Dr. Alvia Santoni, SE, MM

  1. VISI

Visi Kota Sungai Penuh yaitu: “Terwujudnya Kota Sungai Penuh Sebagai Kota Pendidikan, Berbasis Ekonomi Kerakyatan yang Berdaya Saing, Maju, Adil dan Sejahtera 2021-2024 “

Adapun pengertian dari untaian kata-kata dalam Visi tersebut adalah:

Pendidikan: Diartikan bahwa Kota Sungai Penuh diharapkan sebagai pusat pelayanan pendidikan yang berkarakter tinggi, berkualitas, maju dan berwawasan lingkungan serta bertaraf Internasional sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, inovatif, terampil, kreatif, dan berguna menghadapi tantangan bangsa dimasa depan.

Ekonomi Kerakyatan yang Berdaya Saing: Diartikan bahwa kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat meliputi bidang usaha kecil dan menengah, jasa perdagangan, koperasi, industri kecil dan sektor ekonomi kreatif, serta yang dapat menggali sumber daya ekonomi yang ada, sehingga terwujud masyarakat yang dapat hidup layak, baik secara fisik maupun non fisik.

Daya Saing: Merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian nasional dan internasional dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan Daerah menghasilkan pendapatan asli Daerah dan kesempatan kerja yang tinggi dengan terbuka terhadap persaingan eksternal.

Maju: Diartikan terdepan dan menjadi lebih baik dalam peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan di Kota Sungai Penuh Adil dan Sejahtera diartikan bahwa masyarakat Kota Sungai Penuh memiliki rata-rata tingkat pendapatan yang memadai, tingkat pendidikan yang cukup dan derajat kesejahteraan yang baik, sehingga dapat hidup layak, aman dan tentram.

      2. MISI

Untuk mencapai Visi sebagaimana tersebut diatas ditetapkan yaitu:

A. Meningkatkan kualitas SDM yang berkarakter tinggi, berbasis nilai agama dan budaya.

Mengantarkan peningkatan kualitas SDM disertai peningkatan kualitas agama, terarah dan berkelanjutan serta selalu memperhatikan budaya bangsa Indonesia sehingga diperoleh sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berguna bagi bangsa dan masyarakat.

B. Meningkatkan tata kelola Pemerintahan Kota Sungai Penuh yang baik mandiri, dan bebas KKN.

Menggambarkan peningkatan kinerja yang tinggi, disiplin dan inovatif serta menghindari praktek-praktek yang dapat merugikan negara dan masyarakat. Praktek KKN harus dikikis habis dalam rangka menciptakan aparatur Pemerintahan yang bersih dan berwibawa seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang.

C. Pemantapan struktur perekonomian masyarakat dalam pengembangan potensi Daerah.

Menggambarkan perlunya pemantapan struktur ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat Kota Sungai Penuh dalam meningkatkan kesejahteraan serta mengembangkan potensi yang masih belum dikembangkan.

D. Pemerataan dalam peningkatan sarana dan prasarana wilayah serta prasarana dasar pemukiman.

Menggambarkan perlunya peningkatan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dalam mengembangkan perekonomian Kota Sungai Penuh melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai serta pemenuhan prasarana dasar pemukiman seperti perumahan, lingkungan dan sarana penunjang kesehatan lingkungan agar dapat hidup layak.

E. Meningkatkan PAD.

Menggambarkan keinginan Pemerintah Kota Sungai Penuh dalam meningkatkan sektor pendapatan asli Daerah Kota Sungai Penuh sebagai primadona pembiayaan pembangunan Daerah dengan strategi ekstensifikasi dan intensifikasi sumber-sumber pendapatan yang belum digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat secara luas dengan memperhatikan kepentingan sendi-sendi kehidupan masyarakat. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah tidak membebani ekonomi dan sumber penghidupan masyarakat.

F. Menciptakan pelestarian lingkungan hidup.

Menggambarkan kelestarian lingkungan hidup terus menerus dipehatikan, diusahakan dan dipertahankan terutama hutan masyarakat dan TNKS dari kerusakan yang diakibatkan manusia maupun alam, mewujudkan wilayah Kota Sungai Penuh yang nyaman dan rindang sehingga akan terhindar dari musibah bencana alam serta mempertahankan karakteristik alam yang lestari yaitu dengan semboyan Sungai Penuh Kota SAKTI (Sejuk, Aman, Kenangan, Tertib dan Inda).

G. Meningkatkan Ketentraman dan Ketertiban.

Menggambarkan perlunya menjaga dan meningkatkan ketentraman dan ketertiban masyarakat yang kondusif sebagai suatu syarat ketenangan hidup dan kenyamanan berusaha di wilayah Kota Sungai Penuh dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat luas. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *