2.878 CJH Asal Jambi Batal Berangkat ke Tanah Suci

Ilustrasi

JAMBI,GEGERONLINE.CO.ID-Sedikitnya 2.878 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Provinsi Jambi yang masuk daftar menunggu untuk diberangkatkan menumpuk, setelah 2 tahun dilarang berangkat ke tanah suci.

Kepala Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, Muhammad mengatakan calon jemaah haji yang rencananya diberangkatkan pada tahun 2021, merupakan 2.878 orang yang batal berangkat di tahun sebelumnya. Diantaranya, ada 29 orang yang sudah menarik pelunasan biaya untuk keberangkatan haji.

Bacaan Lainnya

Ribuan orang itu mesti kembali bersabar. Akibat pandemi COVID-19 masih melanda, pihak Arab Saudi belum memberikan kuota jemaah haji untuk Indonesia. Padahal, 30 persen dari ribuan jemaah haji tersebut sudah divaksinasi COVID-19.

“Persiapan kami sebelumnya, kami sudah menerima sebanyak 2.746 paspor jamaah, dan ini akan kami kembalikan melalui kemenag kabupaten dan kota,” ujarnya, Jumat (4/6). Dilansir dari laman Jambikita.id

Selain batal berangkat di tahun 2021, waktu tunggu keberangkatan CJH semakin lama, sudah mencapai 29 tahun. CJH yang baru mendaftar di tahun 2021 ini, akan diberangkatkan ke tanah suci pada tahun 2050.

Namun, Muhammad mengatakan walaupun waktu tunggu semakin lama, keinginan masyarakat untuk berangkat ke tanah suci tetap tinggi.

“Buktinya dari 2020 lalu, hingga saat ini, baru 29 orang calon jamaah yang melakukan penarikan pelunasan BPIH,” pungkasnya.

Secara keseluruhan, calon jamaah haji di Provinsi Jambi yang menunggu untuk diberangkatkan berjumlah 80.279 orang. (Red)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *