Rekrutmen Tenaga Kerja PLTA Tertutup dan Tak Melibatkan Pemerintah Daerah

  • Whatsapp

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-PT Kerinci Merangin Hidro (KMH) yang bergerak di PLTA, ternyata telah merekrut sebanyak 1.112 orang tenaga kerja. Namun, proses rekrutmen tenaga kerja disorot Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci, Pasalnya, proses rekrutmen tidak melibatkan pemerintah daerah dengan melaporkan ke Dinas Tenaga Kerja.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kerinci, Suhaidir, menjelaskan, pihaknya tidak tahu bagaimana proses rekrutmen Tenaga Kerja di PLTA oleh PT KMH. Pihak PLTA sangat tertutup soal rekrutan tenaga kerja.

Bacaan Lainnya

“Seharusnya setiap perekrutan tenaga kerja harus diberitahukan kepada Dinas Tenaga Kerja sehingga bisa diketahui oleh masyarakat umum,” tegasnya.

Saat ini, ada sekitar 1.112 tenaga kerja lokal yang dipekerjakan, namun bagaimana proses seleksi tidak ada laporan masuk ke bidang tenaga kerja.

“Angka terakhir yang didapatkan saat hearing bersama dewan ada 1.112 orang yang sudah bekerja. Sekarang belum tahu apakah ada penambahan? Pihak PLTA belum melapor,” jelasnya.

Dinas Tenaga kerja telah mewajibkan setiap penerimaan tenaga kerja harus melapor dan sesuai aturan. Perusahaan harus melaporkan ke Dinas Tenaga Kerja, selanjutnya diumumkan kebutuhan dan formasi yang dibutuhkan.

“Tidak hanya PLTA, ini juga berlaku untuk perusahaan lain, seperti PTPN VI Kayu Aro,” tandasnya. (Red)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *