CV. Gelora Bangun Utama, Kerjakan Jalan Siulak Kecil Hilir “Asal-asalan?”

  • Whatsapp

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID – Pekerjaan Jalan Desa Siulak Kecil Hilir, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, terkesan “asal-asalan” yang menghabiskan dana Rp.404.540.000,- dikerjakan CV. GELORA BANGUN UTAMA, Tertanggal kontrak, 12 Agustus 2021 dikerjakan dalam waktu relatip singkat lebih kurang empat (4) hari, kata MH, 60 tahun salah satu warga setempat, kepada Jurnalist Tim Gegeronline & Beo.co.id, 6 September 2021 Senin lalu.

Menurut MH mengatakan “didepan rumah saya dikerjakan asal-asalan, penghamparan aspalnya tidak merata dan langsung ditaburkan material Pasir tanpa dipadatkan (secara merata), keluhnya.

Bacaan Lainnya

Masih menurut MH, saya dan masyarakat di Desa ini sangat kecewa dengan cara kerja pihak perusahaan dan hasilnya silakan lihat sendiri, tandasnya saat tim melakukan chek and richek kelapangan, (6/9/2021) lalu.

Melihat hasil pekerjaan CV GELORA BANGUN UTAMA, diperkirakan tidak akan bertahan enam (6) bulan kedepan, sudah mengelupas. Kondisi yang ada saat ini sudah bergelombang (tinggi dan rendah).

Dikatakan MH, volume pekerjaan pun tidak tercantum pada papan Merk (papan Nama Kegiatan). Dan CV GELORA BANGUN UTAMA, bekerja lebih kurang 4 (empat) hari dijalan link Siulak Kecil Hilir- Padang Jantung, Kerinci. Dapat dibayangkan, empat hari kerja sudah selesai ujarnya dengan dana hampir setengah miliar rupiah itu.

Apa lagi masyarakat berharap aparat penegak Hukum akan turun kelapangan. Sudah banyak lokasi kegiatan selama periode pertama Adirozal, menjabat Bupati Kerinci 2014-2019 dan kini periode kedua 2019 2024, kini memasuki tahun ketiga nyaris tak ada pekerjaan Jalan Kabupaten yang sudah dikerjakan bermutu baik (sesuai dengan rencana umur bangunan), Apa lagi Hotmix. Dan kebanyakkan baru enam bulan sudah hancur kembali.

Ini terbukti pada pekerjaan Link Jalan Desa Siulak Kecil Hilir-Padang Jantung Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci dikeluhkan warga soal kualitas (mutu) pekerjaan yang sangat diragukan kualitasnya.

Dan akan berdampak pada ketahanan fisik. Bayangkan baru saja selesai dikerjakan sudah bergelombang, (tinggi-rendah-red), dengan kata lain membentuk cekung dan cembung.

Pekerjaan ini, hasil dari karya CV. GELORA BANGUN UTAMA, dengan nilai Kontrak Rp.404.540,000,- sumber Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kerinci 2021 (Uang Rakyat Kerinci) hasil dari pembayaran pajak oleh masyarakat.

Dijelaskan warga setempat pemasangan aspal terlalu tipis dan sangat diragukan kualitasnya dan coba pak wartawan lihat sendiri bagian pinggir jalan diinjak saja sudah runtuh, (pecah).

Pendapat minor juga datang dari Pak Eng, menurutnya pengaspalan tidak merata ada sebagian yang tidak dikerjakan. Saat saya pertanyakan dengan pekerja dilapangan disini memang tidak di kerjakan di depan salah satu Bengkel sekitar 30 Meter ini dipindahkan volumenya ke lokasi lain kata Pak Eng, menirukan ucapan dari pekerja lapangan, dipaparkan pada tim.

Ketua DPD II LSM Petisi Sakti, Iwan Efendi (40) turun investigasi ke lapangan pada link jalan Siulak Kecil Hilir- Padang Jantung, Iwan dkk menyanyangkan sekali pekerjaan jalan Siulak Kecil Hilir- Padang Jantung dengan kegiatan penyelenggaraan jalan Kabupaten /Kota yang dikerjakan “asal jadi.”

Ditegaskan Iwan, sudah seharusnya rekanan yang bekerja di lapangan sesuai dengan juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Teknis) agar tercapainya azas manfaat, karena pembangunan ini adalah uang dari pajak rakyat.

Laporan : Marhaen Dj.SiB.

Editor : Gafar Uyub Depati Intan

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *