Ribuan Warga Hadiri Kenduri Sko Empat Desa Belui

  • Whatsapp

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Ribuan Masyarakat Kecamatan Depati Tujuh, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tumpah ruah menghadiri Acara Syukuran adat Kenduri Sko Tigo Luhah empat Desa Belui bertempat di lapangan Bintang Tiga Belui, Minggu (17/11/2021).

Turut Hadir dalam Acara Kenduri Sko ini, Perwakilan dari Kementerian ESDM DR. Ir H. Ediar Usman MT, mantan Bupati Kerinci H. Murasman, Mantan anggota DPRD Provinsi Jambi Khabri Muis, anggota DPRD Kerinci Erduan, Ketua STIA NUSA Eliyusnadi dan empat Kepala Desa dan Ketua BPD beserta Para Depati, Pemangku adat, dan Ninik mamak empat Desa Belui beserta sejumlah undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kenduri Sko mengangkat tema “Memujudkan Pemangku Adat yang Berlandaskan Nilai-nilai Agama Sebagai Pedoman Dalam Mengayomi Anak Buah Anak Kemenakan Menjadi Berakhlak, Rukun dan Damai.”

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Kerapatan Adat empat Desa Belui Ahmadi M.Pdi, DPT. menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Desa, seluruh panitia dan elemen masyarakat, anak jantan dan anak batino empat Desa Belui yang telah bersusah payah sehingga acara Kenduri Sko ini dapat berjalan lancar dan sukses, ungkap Ahmadi.

Kenduri adat ini merupakan hal positif, untuk melestarikan adat & budaya sekaligus memperkenalkan budaya kita kepada anak cucu kita. Semoga dapat melahirkan generasi muda yang berprestasi dan peduli terhadap adat dan budaya kita,” paparnya.

Kepada para Depati Ninik Mamak empat Desa Belui agar dapat melaksanakan kewajibannya untuk mengajun dan mengarahkan anak batino dengan adil dan tidak mengedepankan ego pribadi, harap Ahmadi.

DR. Ir. H. Ediar Usman Ibrahim, MT, DPT perwakilan dari Kementerian ESDM RI dalam sambutannya menyampaikan, kepada para Depati, Pemangku Adat dan Ninik Mamak tigo Luhah empat Desa Belui agar bersikap adil dalam mengajun dan mengarahkan anak batino.

“Jangan Seperti Hukum Belah Bambu, satu dipijak satu diangkat. Seharusnya kalau diangkat angkat lah semua, jangan tebang pilih harap Ediar kepada para Depati dan Ninik Mamak tigo Luhah Empat Desa Belui yang kita cintai ini.”

Pantauan gegeronline.co.id di lokasi kenduri Sko tersebut, tak terlihat Pejabat dari Pemkab Kerinci yang hadir dalam acara tersebut, baik Bupati Adirozal, Wakil Bupati Ami Taher dan Sekda Kerinci. (BZ)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *