Sejumlah Proyek Pamsimas di Kerinci Bermasalah

  • Whatsapp

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tahun anggaran 2021 yang dikerjakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) diduga kuat bermasalah.

Pasalnya, menurut informasi warga setempat pekerjaan Pamsimas dengan rata-rata pagu anggaran sebesar Rp.200 juta berlokasi di Desa Sungai Hangat, Pondok Pulau Sangkar dan Tarutung diduga kuat pengerjaannya tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan gambar kerja.

Bacaan Lainnya

Aprizalmen aktivis Kerinci saat dimintai tanggapannya kepada gegeronline.co.id Kamis (13/2/22) mengatakan, bahwa benar adanya dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh pihak pelaksana pekerjaan pembangunan Pamsimas tersebut di tiga titik lokasi kuat dugaan bermasalah.

Seperti halnya di Desa Sungai Hangat Kecamatan Gunung Raya diketahui saat pelaksanaan pekerjaan tersebut pada galian pipa tidak digali begitu dalam (dangkal) dikhawatirkan nantinya pipa ini akan mudah pecah jika dilewati kendaraan yang melintasinya.

Parahnya lagi di Desa Pondok Pulau Sangkar Kecamatan Bukit kerman selain pipanya tidak tidak ditanam juga tampak pekerjaan ini tidak membuat bak penampung air hanya memakai bak penampung yang lama yang diduga tidak layak pakai lagi.

Tak jauh berbeda dengan pekerjaan peningkatan Desa HKP di Kecamatan Batang merangin yang permasalahannya juga sama dengan dua Desa yang tersebut.

“Permasalahan ini tidak bisa dibiarkan lagi, saat ini kita baru tahap pengumpulan data yang nantinya akan kita siapkan menjadi sebuah laporan untuk disampaikan kepada pihak yang berwenang agar diproses terkait pekerjaan yang duga menyimpang ini,” ungkapnya.

Pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek Pamsimas dari dinas PUPR Kerinci belum berhasil dikonfirmasi, hingga berita ini dipublis belum ada keterangan resmi dari PPK. (Tim)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *