Tinjau Koperasi Kopi Alam Korintji (Alko) Sumatera Coffe Desa Sungai Sikai. Al Haris : Petani Pertahankan Kualitas Kopi Kerinci

KERINCI, JAMBI, GEGERONLINE.CO.ID – Gubernur Jambi, Al Haris mengajak para petani kopi agar terus mempertahankan kualitas kopi Kerinci, sehingga pemasaran Kopi Kerinci semakin luas di pasaran internasional.

“Kita harus terus mempertahankan kualitas kopi Kerinci ini untuk lebih memperluas pangsa pasarnya, mengingat saat ini kita telah mengekspor Kopi Kerinci ke berbagai negara antara lain, Norwegia, Mesir, Taiwan dan Amerika,” kata Al Haris, usai meninjau koperasi kopi alam Korintji (Alko) Sumatera Coffe di Desa Sungai Sikai, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Minggu (16/01/2022).

Bacaan Lainnya

Al Haris mengatakan kopi jenis Arabika Kerinci kualitasnya tidak perlu diragukan dan telah diekspor ke berbagai negara.

“Kita harus terus mempertahankan kualitas Kopi Kerinci ini, sehingga bisa mempersembahkan kopi Jambi untuk dunia karena kopi di Jambi merupakan kopi yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Alhamdulillah Kopi Kerinci sudah terintegrasi dengan baik, mulai dari petani sampai kepada tahap eksportir, sehingga kualitasnya bisa tetap terjaga,” ujarnya

Al Haris mengharapkan, pengembangan sentra produksi kopi di Kabupaten Kerinci ini terus berjalan, karena melalui sentra produksi kopi ini mampu menyerap banyak tenaga kerja dan membantu mengurangi angka pengangguran.

“Pengembangan sentra produksi kopi ini harus terus berjalan karena memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan perekonomian Provinsi Jambi. Kedepannya kita akan mencoba memadukannya dengan program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) milik Pemerintah Provinsi Jambi,” harap Al Haris.

Sementara itu, CEO Alko Sumatera Cotte, Suharyono melaporkan Alko Sumatera Coffe ini memiliki fokus pada sentra produksi coffe, kopi Robusta dan Arabica, Exco Wisata dan Alko Akademi. Alko Akademi adalah program beasiswa kepada anak petani yang kuliah di jurusan Pertanian dan memiliki komitmen kembali ke kampung halaman untuk bertani dan membangun kampung halaman.

“Kita juga telah memberikan Holis Asuransi agar petani bisa nyaman dalam bekerja dan memiliki jaminan pertanian. Pada bulan Februari 2022 ini, kami akan melakukan ekspor kopi robusta ke Amerika dan Mesir dengan jumlah lebih kurang 250 ton yang diambil dari beberapa daerah,” ujar Suharyono.

“Kita siap berkomitmen dengan Pemerintah Provinsi Jambi untuk waktu 5-6 bulan ke depan dan meminta Bapak Gubernur Jambi bisa mempersiapkan infrastruktur bagi Kopi Robusta di Merangin dan siap membantu dalam memasarkannya,” sebut Suharyono. (Bz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *