Presiden Jokowi : Kritik Pers Sangat Penting Bagi Pemerintah 

  • Whatsapp

JAKARTA,GEGERONLINE.CO.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kritik dan masukan dari insan pers sangat penting dalam mengingatkan pemerintah.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (9/2/2022).

Bacaan Lainnya

“Kritik, masukan, dan dukungan insan pers sangat sangat penting mengingatkan jika ada yang kurang, yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lamban, dan mengapresiasi yang sudah berjalan dengan baik,” kata Jokowi.

Menurut penjelasannya, kritikan dan masukan tersebut diperlukan agar jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daerah dan desa bekerja dalam fekruensi serta visi yang sama.

Dia menekankan Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. Kebebasan pers, lanjut Jokowi, merupakan pilar penting kemajuan bangsa Indonesia.

Presiden-Jokowi-pada-Puncak-Peringatan-Hari-Pers-Nasional-dari-Istana-Kepresidenan-Bogor,-(9/2/2022).

Presiden Jokowi pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional dari Istana Kepresidenan Bogor, (9/2/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

“Pers Indonesia adalah lokomotif kemajuan bangsa, menjadi inspirasi lompatan-lompatan kemajuan, menjadi simpul perubahan di semua sektor kehidupan kita, serta menjadikan masyarakat bangsa dan negara percaya diri untuk mewujudkan Indonesia maju,” jelasnya.

Sebab itu, pemerintah, kata dia, selalu terbuka menerima masukan-masukan dari insan pers. Hal ini dilakukan demi memperbaiki kerja besar transformasi bangsa.

Mengingat, Jokowi menyadari bahwa kerja besar transformasi bangsa ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mengucapkan terima kasih atas insan pers selama masa pandemi Covid-19 ini.

Dia menuturkan pers berperan penting dalam dalam mengatur arus informasi di tengah masa sulit seperti saat ini, sehingga masyarakat menjadi tangguh menghadapi dampak pandemi Covid-19.

“Selamat hari pers kepada seluruh insan pers Indonesia di manapun berada sekaligus ucapan terima kasih, meskipun berada di situasi pandemi insan pers terus bekerja, terus menyampaikan informasi, meningkatkan literasi, membangun optimisme dan harapan,” ucapnya.

Sebagai informasi, Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari.

HPN ini bertepatan dengan terbentuknya organisasi pers Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 1946.

 

Sumber : Kompas. TV

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *