Yanti, Warga Kerinci Sudah 2 Bulan Lebih Mengikuti SAD Desa Tanah Garo

  • Whatsapp

TEBO,GEGERONLINE.CO.ID-Yanti, perempuan yang mengaku berasal dari Kabupaten Kerinci, sudah dua minggu mengikuti Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Pemubar, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Ini terungkap saat pendataan dan perekaman data kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tebo di aula kantor Desa Tanah Garo.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang melibatkan perangkat Desa Tanah Garo dan Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) ini, sengaja dilakukan Disdukcapil Tebo untuk melayani perekaman data kependudukan Suku Anak Dalam kelompok Temenggung Pemubar.

Pada program jemput bola Disdukcapil Kabupaten Tebo ini, Yanti bersama dua anaknya ikut dalam perekaman data kependudukan itu.

“Iya, kemarin Yanti ikut didata,” kata pendamping Suku Anak Dalam, Ahmad Firdaus, Kamis, 1 September 2022.

Firdaus menjelaskan, dari keterangan beberapa Suku Anak Dalam yang mengikuti perekaman data kependudukan, Yanti tinggal bersama Temenggung Pemubar, namun tidak dalam satu rumah.

Tepatnya, kata Firdaus, diperbatasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Sungai Bernai Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Pantauan PORTALTEBO.id, Yanti tiba di aula kantor Desa Tanah Garo bersama Suku Anak Dalam kelompok Temenggung Pemubar pada Senin, 29 Agustus 2022.

Yanti bersama dua orang anak laki-lakinya, tampak akur dan berbaur dengan Suku Anak Dalam tersebut. “Iya bang, kami dari Kerinci,” kata Yanti.

Sebelum tinggal bersama Suku Anak Dalam, Yanti mengaku tinggal dan menikah bersama masyarakat luar di Kabupaten Batanghari, Jambi. Namun rumah tangganya tidak bertahan lama. “Kemarin nikah sama orang pondok. Tapi sudah pisah,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Yanti, dia menikah kembali dengan pemuda dari Suku Anak Dalam namun tidak bertahan lama.

“Saya pernah pulang ke Kerinci, tapi keluarga sudah tidak mau menerima saya. Makanya saya kembali bergabung dengan Suku Anak Dalam,” ujarnya.

Sumber: PORTALTEBO.id

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *