Bangunan TPS-3R di Kota Sungai Penuh Nyaris Terendam Banjir 

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID – Bangunan TPS-3R yang merupakan ‘pilot proyek’ Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh, Ahmadi Zubir – Alvia Santoni di Desa Lawang Agung, Kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh nyaris terendam banjir.

Bangunan itu berlokasi di daerah rawa sekitar 500 meter dari ujung jembatan kerinduan yang menuju jalan tanah menuju Desa Debai – Tanjung Pauh.

Bacaan Lainnya

Tiba dilokasi, terlihat air menggenangi badan jalan yang cukup dalam. Dari kejauhan terlihat sebuah spanduk diatas depan bangunan bertuliskan TPS-3R Desa Lawang Agung. Pintu masuk menuju kedalam ruangan produksi terlihat terkunci.

Desa Lawang Agung memiliki wilayah dan penduduk terbesar dengan jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat cukup besar.

“Melihat dari lokasi yang dibangun yang merupakan daerah yang sering banjir, bisa dipastikan produksi TPS-3R disini tidak akan berjalan maksimal,” ujar Ijal warga Sungai Penuh ketika dijumpai dilokasi.

“Heran juga kita, kenapa lokasi bangunannya disini. Bagaimana kajian yang dilakukan oleh Pemerintah seperti ini?,” ujarnya

Untuk diketahui, TPS-3R merupakan program yang diagung agungkan oleh Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh yang direncanakan akan mengurangi sampah.

Juga digembar – gemborkan oleh Pemkot keberadaan TPS-3R ini akan menghasilkan pendapatan bagi Desa dan masyarakat Desa dengan menghasilkan pupuk organik.

“Kalau model ini lokasinya, ya rugilah Desa. Pupuk yang dihasilkan setiap hari tidak banyak. Apalagi kalau banjir, tentu tidak bisa berproduksi,” ujar Yudhi Hermawan dari LSM Reaksi.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *