TPS-3R Dibangun 16 Kades di Sungai Penuh Tidak Ikuti Permen PU Nomor 2 Tahun 2013

  • Whatsapp

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.IDPembangunan TPS-3R yang merupakan ‘Pilot Proyek’ Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh dinilai tidak memenuhi persyaratan yang tertulis dalam Permen PU Nomor 2 Tahun 2013.

“Apa yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Fajran itu benar. Pembangunan TPS3R di 16 Desa semestinya harus mengikuti Juknis dan Regulasinya terlebih dahulu,” ujar Zoni Irawan Direktur LSM Geger kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, pembangunan TPS-3R yang sudah dilakukan Pemkot Sungai Penuh dilakukan dengan terburu – buru tanpa adanya perencanaan yang jelas, sehingga berpotensi besar merugikan keuangan Negara.

Padahal kata dia, persyaratan TPS-3R jelas  tertulis dalam Permen No. 2 tahun 2013 pasal 29 ayat (2) dan ayat (3) harus memenuhi persyaratan teknis seperti:

Luas TPS-3R, lebih besar dari 200 m2;
Tersedia sarana untuk mengelompokkan sampah menjadi paling sedikit 5 (lima) jenis sampah (organik, non-organik, kertas, B3, dan residu).

TPS-3R dilengkapi dengan ruang pemilahan, pengomposan sampah organik, dan/atau unit penghasil gas bio, gudang, zona penyangga, dan tidak mengganggu estetika serta lalu lintas;

Jenis pembangunan penampung sisa pengolahan sampah di TPS-3R bukan merupakan wadah permanen;

Penempatan lokasi TPS 3R sedekat mungkin dengan daerah pelayanan dalam radius tidak lebih dari 1 km; Luas lokasi dan kapasitas sesuai kebutuhan;

Lokasinya mudah diakses;
Tidak mencemari lingkungan; dan
Memiliki jadwal pengumpulan dan pengangkutan.

“Temuan kita dilapangan, bangunan TPS3R ini mayoritas berukuran 48 M2, jauh sekali dari ukuran sesuai permen PU yaitu minimal 200 m2,” ujarnya

“Ada Desa yang telah membangun TPS-3R jaraknya sekitar 6 km dari Desanya. Padahal dalam aturannya paling jauh TPS-3R itu radiusnya 1 km,” ujarnya

“Desa yang membangun TPS-3R diradius 6 km itu adalah Desa Pasar Baru. Lokasi pembangunannya di Desa Sungai Ning. Itu jelas berbeda Desa,” ujarnya. (Tim)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *