Al Haris : Panen Cabai Momentum Pembangunan Sektor Pertanian

TANJUNGJABUNGBARAT,GEGERONLINE.CO.ID-Gubernur Jambi, Al Haris, mengemukakan, kegiatan panen cabai merah merupakan salah satu momentum dalam pembangunan pertanian di Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Al Haris pada Panen Cabai dan Penyerahan Bantuan Intensifikasi Cabai Merah, yang berlangsung di Desa Lubuk Terentang Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (22/11/2022).

Panen hari ini menjadi momentum pembangunan sektor pertanian, khususnya dalam meningkatkan produksi cabai merah di Provinsi Jambi yang memotivasi para petani serta memberikan manfaat dan dampak besar terhadap peningkatan kinerja sektor pertanian secara umum, ditandai dengan meningkatnya produktivitas pertanian, yang bermuara pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani beserta keluarganya, ujar Al Haris.

Bacaan Lainnya

Al Haris memberikan apresiasi kepada kelompok tani di Betara yang tetap menanam cabai ditengah kenaikan bahan bakar minyak, kenaikan harga pupuk dan sarana produksi lainnya serta tingginya risiko iklim yang menyebabkan serangan hama penyakit sehingga mengancam tanaman cabai tetapi para petani tetap mengupayakan dengan maksimal.

Al Haris menuturkan, pencapaian terhadap kebijakan pembangunan di subsektor hortikultura akan terus berhadapan dengan kompleksitas permasalahan dan tantangan dalam pengembangannya saat ini, meliputi stabilitas produksi, peningkatan produktivitas, kehilangan hasil yang tinggi. Kondisi ini berpengaruh terhadap fluktuatif harga komoditas pertanian, khususnya hortikultura yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap ekonomi mesyarakat pada umumnya.

Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menjalankan program dan kegiatan yang dapat berdampak langsung kepada petani dan masyarakat. Penyaluran bantuan pemerintah menjadi ujung tombak dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, karena dapat menggerakkan roda perekonomian petani, tutur Al Haris.

Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan bantuan Intensifikasi Budidaya Cabai Merah untuk mengamankan produksi cabai yang sedang diusahakan oleh petani, berupa bantuan pupuk dan obat-obatan untuk meningkatkan produktivitas, sedangkan Gerakan Pengendalian (GERDAL) untuk mengamankan pertanaman cabai dari serangan hama penyakit dan kegagalan panen.

Kita harapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi kepada petani dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi, produktivitas, dan kontinuitas ketersediaan pasokan cabai merah di Provinsi Jambi. Kita terus berupaya memberikan kontribusi maksimal dan kinerja terbaik sesuai peran dan tugas pokok dan fungsi, untuk membangun dan mendukung keberhasilan pertanian di Provinsi Jambi, khususnya sektor tanaman pangan (padi, jagung dan kedelai), maupun hortikultura (cabai dan bawang merah), ungkap Al Haris. (Advertorial Pemprov Jambi).”

Diskominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *