Gubernur Harap FKP dan FKUB Jaga Situasi Jambi Kondusif

JAMBI,GEGERONLINE.CO.ID-Gubernur Jambi Al Haris mengharapkan kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jambi terus berkontribusi dalam memperkuat dan meneguhkan keharmonisan dan kerukunan, kedamaian, tentram dan aman sehingga situasi di Provinsi Jambi selalu kondusif.

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada Pengukuhan FPK Provinsi Jambi Periode 2022-2024 dan Pengukuhan FKUB Provinsi Jambi Periode 2022-2027, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa.

Bacaan Lainnya

Kedua forum ini FKP dan FKUB diciptakan oleh negara sudah diperhitungkan tugas dan fungsi masing masing, dimana FKP fokus kepada kerukunan, pemuka adat serta pemuka etnis antar ras, dan suku yang berbeda di Provinsi Jambi.

Sedangkan FKUB untuk para tokoh agama, sehingga jika kedua pemuka forum ini sudah bekerja berserta jajarannya maka Jambi akan aman dan semua program pemerintah bisa terlaksana dengan baik.

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pimpinan agama dan tokoh agama, pimpinan organisasi pembaruan kebangsaan, pemuka adat dan suku yang hadir saat ini dengan secara tulus meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan ini.

Kehadiran para tokoh agama dan pemuka adat serta pemuka etnis berkumpul dalam sebuah forum, pada satu ruang dan waktu menunjukkan bahwa keharmonisan dan kerukunan umat beragama serta interaksi sosial antar ras, etnis, dan suku yang berbeda di Provinsi Jambi telah terwujud dengan baik.

Gubernur Jambi Al Haris mengharapkan sikap penerimaan yang baik dan saling menghargai dan berintegrasi dalam kemajemukan agama, ras, suku dan etnis di Provinsi Jambi terus terbina, terjaga, dan terpelihara dengan baik sebagai upaya untuk mewujudkan kerukunan, ketentraman, dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kondisi ini, suatu faktor utama untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang kondusif,

“Seluruh pengurus beserta anggota FKP dan FKUB dapat bekerja dan berbuat secara masif, aktif dan positif, memberi kontribusi yang membawa hasil yang baik untuk kedamaian daerah, serta memberi manfaat dan sumbangsih demi kepentingan masyarakat dan pembangunan di Provinsi Jambi,” tutup Al Haris.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, H Mukti menyampaikan, organisasi ini menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah guna menjaring aspirasi masyarakat. Provinsi Jambi memiliki suku, ras, agama yang beragam, sehingga pembauran menjadi kunci utama kebangsaan.

FPK adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara, dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

FKUB bertugas melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, menampung aspirasi ormas keagamaan dan aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan gubernur.

Melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat, kata Mukti.

Diskominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *