Yanti Maria “Srikandi Kerinci” Tanpa Ragu Maju di Pilbup 2024

  • Whatsapp

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak akan berlangsung, 27 Nopember 2024 mendatang dari puluhan Bakal calon Bupati Kerinci, Provinsi Jambi 2024 –2029 mendatang yang di gadang-gadangkan para simpatisan dan pendukungnya muncul dari kaum hawa, ini sebuah kejutan bangkitnya perempuan Kerinci dipanggung politik.

Sedangkan selama ini, secara mayoritas adalah laki-laki, tapi kali ini satu-satunya dari kaum perempuan yang serius menjadi Bakal calon (Balon) Bupati Kerinci, Yanti Maria Susanti, SE, mantan istri Wakil Bupati Kerinci 2014-2019, (Alm) Zainal Abidin.

Bacaan Lainnya

Ini sejarah baru bagi kaum hawa Se-Kabupaten Kerinci dan sejarah politik calon Bupati/ Kepala Daerah dari kaum perempuan Kerinci. Sudah puluhan Bupati dan penjabat Bupati Kerinci semuanya dari laki-laki, tapi kali ini, bakal tampilnya Yanti Maria Susanti, (YMS) perempaun pertama. Secara Sumber Daya Manusia (SDM), bukan orang baru dipanggung politik provinsi Jambi.

Ia, (YMS) bak Srikandi, yang punya keteguhan hati, keyakinan jiwa, akan tampil bersaing secara sehat, kompetitip dalam Pilkada yang demokratis, hak-hak politik perempuan dan laki-laki sama untuk menjadi Bupati/ Kepala Daerah, Walikota, Gubernur dan bahkan Presiden sekalipun.

Sejarah telah mencatat nama Megawati Soekarno Putri, Presiden RI pertama dari kaum hawa (perempuan). Tidak tertutup kemungkinan Kerinci, akan tampil ‘’Bupati Kerinci’’ pertama dari kaum perempuan. Ini sebuah kemajuan bagi kaum perempuan dan generasi muda Kerinci, kedepannya.

Ini sebuah kemajuan dan kebangkitan politik kaum perempuan di Bumi Sakti Alam Kerinci. Ini juga sebuah kebanggaan kaum perempuan, bahwa kekuatan berfikir dan bekerja tidak selalu didominasi kaum laki-laki, perempuan pun juga siap tampil dikancah yang sama.

Untuk menjawab keseriuasannya, Yanti Maria Susanti, (YMS) resmi mendeklarasikan pencalonannya secara pribadi menjadi Calon Bupati Kerinci 2024 mendatang, yang dideklarasikan hari Senin, 11 Desember 2022 digedung serba guna Desa Agung Koto Iman, Kecamatan Tanco, Kabupaten Kerinci.”

Acara deklarasi berjalan meriah dan hidmat, dihadiri dan didukung para tokoh masyarakat, masyarakat adat, para cerdik pandai, alim ulama dan para pemuda/ remaja dan para aktivis Pers/ Wartawan dan LSM, serta para wakil-wakil dari kecamatan se-Kabupaten Kerinci, Kerinci Hilir, Kerinci Tengah dan Kerinci Hulu, (Mudik).

Yanti Maria Susanti (YMS), perempuan pertama yang tampilkan dirinya sebagai Calon Bupati Kerinci dan Balon pertama yang mendeklarasikan pencalonannya, secara pribadi sebagai Calon Bupati Kerinci 2024.

Yanti Maria Susanti, (YMS) sebenarnya bukan orang baru didunia politik, Ia juga perempuan dari Bumi Sakti Alam Kerinci, yang pernah duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi dua periode, (kini mantan, red).

Dari karier politiknya, dan sebagai istri yang baik telah mendampingi suaminya Alm Zainal Abidin semasa hidupnya dan menjabat Wakil Bupati Kerinci, periode 2014-2019 atau di masa periode pertama Adirozal menjabat Bupati Kerinci.

Artinya, Yanti Maria Susanti, (YMS) sudah merasakan pahit getirnya di dunia politik, Ia dua periode sebagai Wakil rakyat ditingkat provinsi Jambi. Ia salah satu pemerhati soal masalah Sosial Kemasyarakatan ditengah masyarakat.

Deklarasi itu menurut Yanti, merupakan jawaban atas pertanyaan masyarakat tentang kepastian dirinya untuk maju sebagai calon orang nomor satu di Kabupaten Kerinci. Itu juga merupakaan cita-cita dari Alm suaminya untuk membangun, memperbaiki dan membenahi Kerinci yang lebih modern.

“Ini melalui pertimbangan – pertimbangan yang sudah matang, dan saya sudah berkoordinasi dengan segala stakeholder dan juga khususnya keluarga besar sudah sepakat semua, dan begitu juga pendukung saya, semua ini menjawab pertanyaan masyarakat yang dipertanyakan kepada saya,” ucapnya.

Sohibul Sami tokoh masyarakat Danau Kerinci Barat mengatakan, mewakili tokoh masyarakat Kerinci sangat mendukung Yanti Maria Susanti menjadi bakal calon Bupati Kerinci 2024 Mendatang.

“Mewakili tokoh masyarakat Kerinci baik yang hadir ataupun berhalangan hadir menyatakan kebulatan tekad dan sikap untuk mendukung, membantu Yanti Maria Susanti, SE,” ujarnya.

Sementara itu, Gafar Uyub Depati Intan, 65 tahun salah satu warga Kerinci Perantauan, berkomentar mengatakan pada Wartawan, Pencalonan diri oleh Yanti Maria Susanti (YMS) sudah sangat tepat, Ia tokoh perempuan Kerinci pertama yang berani tampil sebagai calon Bupati Kerinci, minimal sebagai penyeimbang bagi kaum laki-laki.

Karena hak-hak politik kita sama, jadi patut kita hargai dan banggakan. Dan saya sudah lama mengenalnya, sejak tahun 2014 silam saat peresmian Tim Adirozal-Zainal Abidin (Adzan) di Pasar Siulak Gedang, Siulak Kerinci.

Ia, sosok perempuan yang sederhana, punya pendirian teguh, istri dan ibu yang baik mendampingi suaminya saat itu. Dan telah berkiprah di dewan Provinsi selama dua periode, Ia tentu sangat tahu kepentingan masyarakatnya. Dan keteguhan hati dan jiwanya tidak berubah untuk maju bersama dukungan rakyat, mencalonkan diri secara pribadi sebagai calon Bupati Kerinci 2024 mendatang.

Dan ini juga merupakan motivator untuk kaum perempuan Kerinci, berkiprah didunia politik dan jabatan politik, tegas Gafar Uyub Depati Intan, yang seharinya akrab dipanggil, ‘’bang Ayub’’ ini.

Kita harapkan, anak-anak dan generasi muda perempuan Kerinci kedepan lebih banyak tampil di dunia politik dan merebut jabatan politis, apa lagi saat ini disebut-sebut era melenium. Secara politik dan demokrasi, ‘’Yanti Maria Susanti’’ (YMS), akan mendapat dukungan masyarakat Kerinci, minimal mayoritas dari kaum perempuan.

Karena perjuangan, kerja keras dan doa seorang ibu, jika yang maha kuasa menghendakinya tak satupun yang bisa menghalanginya, insya allah, ‘’bu Yanti Maria Susanti’’ akan mendapat dukungan yang sama dengan calon dari kaum laki-laki, tandas Bang Ayub.

Kini, saya harapkan pada bu YMS, bak berlayar perahu sudah digerakkan Nahodanya, pantang surut kepantai. Gelombang dan badai besar, kuatkan hati, fisik, segala bentuk perbekalan di iringi ketulusan jiwa dan disertai doa kepada yang maha segalanya, (Allah swt), Insya Allah badai akan berlalu, alamat badan sampai keseberang, insyaalllah.”

Dalam pengamatan saya, lanjut bang Ayub semua Balon Bupati Kerinci adalah Putra-putri terbaik yang ada saat ini, semuanya punya peluang merebut kursi orang nomor satu dalam Pilkada nanti di ‘’bumi sakti alam kerinci.”

Dan sangat penting kita jaga, rasa kebersamaan antar kontestan peserta dan pendukung, mari kita dorong dan bangun kompetisi yang sehat, profesional dan rebutlah hati masyarakat untuk memilih Balon/ calon yang anda jagokan.

Karena kita sudah punya banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat, sampai tingkat doktor, bahkan profesor dibidangnya masing – masing, tapi sayang sedikit sekali punya orang jujur, bijak dan mampu mengutamakan kepentingan masyarakat luas, bukan kelompok, dan apa lagi keluarganya.

Yang kita harapkan lahirnya pemimpin yang kuat, ‘’bak seorang ratu yang adil, raja yang bijak’’ mampu melahirkan rasa keadilan ditengah masyarakat, tidak ada lagi istilah ‘’mudik, tengah dan hilir’’ yang ada Kerinci bersatu dan modern dalam pembangunannya, mampu memberikan azas manfaat bagi rakyat Kerinci.

Paradigma berfikir harus diubah, ‘’jangan sekali-kali mencontoh pada yang sudah, tapi mencontohlah pada yang baik & benar’’ kita berharap siapapun orangnya yang terpilih menjabat Bupati Kerinci lima tahun kedepan, bangunlah masyarakat Kerinci yang lebih baik, sejahtera, berkeadilan dan adil dalam kesejahteraan.

Dan jangan lagi, ‘’Bupati Kerinci’’ yang memakai istilah mumpung jadi Bupati, kapan lagi waktunya untuk mencari kaya, (memperkaya diri), kelompok, dan menempatkan keluarganya memangku jabatan tertentu dalam pemerintahan, tanpa prestasi untuk masyarakat.

Buanglah sifat rakus, angkuh dan sombong. Kita harapkan Bupati Kerinci kedepan, mampu membangun Kerinci secara fisik yang modern, sejahtera dalam ekonomi, religius dalam beragama dan melahirkan generasi yang cerdas. Tegas bang Ayub diakhir keteranganya. (BEO.co.id / +_ / BZ / SK/ GO).”

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *