Ini Dua Kuda Hitam di Pilkada Kerinci 2024

  • Whatsapp
Poto : Arwiyanto / Cik Win (kiri) dan Yuldi Herman / Ujang Itam (kanan). Dok/net

GegerOnline.co.id, Kerinci-Memasuki tahun politik sejak Juni 2022 lalu, khusus di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi, suhu politik di negeri ‘’sakti alam Kerinci’’ sebutan lain dari Kerinci, suhunya kian meninggi sejumlah nama-nama tokoh masyarakat Kerinci dimunculkan oleh IKC Group, baik yang berada diluar Kerinci maupun yang ada di bumi Kerinci.

Tidak tanggung-tanggung secara demokratis ada 25 nama yang layak dicalonkan, sebagaimana dilangsir, BEO.co.id, 16 Desember 2022 lalu. Belum termasuk nama Yuldi Herman dan Arwiyanto Ketua / Anggota DPRD Kerinci dua periode sampai saat ini.

Bacaan Lainnya

Yuldi Herman, akrab dipanggil, ‘’Ujang Itam’’ putra asal Desa Tanjung Genting, Kecamatan Gunung Kerinci adalah kader militan Partai Amanat Nasional (PAN), yang memulai kariernya dari Ketua Anak Ranting tingkat Desa Tanjung Genting, sampai menjabat Ketua DPC PAN Kabupaten Kerinci.

Sukses anak Desa ini, bukan tanpa alasan. Ia, (Ujang Itam, red), adalah pekerja keras, ulet, perihatin, dan sungguh-sungguh, kini PAN Kerinci memperoleh lima kursi (wakil) di DPRD Kerinci, hanya tinggal berkoalisi satu partai saja dipartai politik yang punya wakil di DPRD Kerinci, PAN sudah bisa mengusung satu calon Bupati/ Kepala Daerah untuk Pilkada serentak Kerinci 2024 mendatang.

Intennya, Yuldi Herman, (Ujang Itam) membangun komunikasi dengan DPP-PAN pusat dan kerjasama membangun diakar rumput dengan kalangan masyarakat bawah, membuat PAN secara organisasi partai politik sangat dikenal masyarakat Kerinci.

Dimana-mana, nama ‘’Ujang Itam’’ dikenal kalangan bawah, ketimbang nama lengkapnya, Yuldi Herman. Begitu nama Ujang Itam, disebut hampir setiap Desa masyarakat tahu.

Ia, sosok yang lahir dari Desa mendalami kehidupan masyarakat Desa dan bergaul sebagai orang pasar, dengan semua lapisan termasuk para elite pejabat daerah, Bupati, Walikota dan Gubernur.

Dan kalangan politisi Kerinci di antar partai Politik. Ujang Itam, dihubungi redaksi BEO.co.id, Senin malam (19/1202022), sehubungan menghangatnya suhu politik di Kabupaten Kerinci, bermunculannya banyak nama-nama layak dicalonkan, bakal calon Bupati Kerinci 2024? Apakah akan turun gunung bakal menjadi Balon Bupati ?.

Spontan Ia menjawab, ‘’kita tahu diri, para senior kita banyak, insya Allah, jika tuhan memberi jalan kenapa tidak, ujarnya merendah’’ ya..yaa insyaallah paparnya.

Kita sadar kekuasaan itu ditangan rakyat, hanya masyarakat Kerinci lah yang lebih tahu, siapa dari para Balon yang mereka yakini mampu memimpin Kerinci lima tahun kedepan, ujarnya lirih.

Dan masyarakat lah yang bisa menentukan sikap. Kita adalah bagian dari warga Kerinci hanya punya hak memilih dan dipilih, namun hak penuh ditangan rakyat Kerinci, jelasnya.

Dari keterangan dan data dihimpun Tim Catatan yang terbaikan, karier politik Ujang Itam yang dari bawah tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten membuat ia besar dalam era dan tingkatannya.

Ia, mudah komunikasi dengan kalangan akar rumput (masyarakat bawah), dan menyadari memulai hidupnya dari hal yang sulit, sebagai ‘’kuli bangunan’’ disejumlah bangunan dan menjadi pengawas dan pelaku pembangunan.

Dan ikut berkebun (beladang) sama dengan masyarakat Kerinci umumnya, jadi kehidupan masyarakat Kerinci hampir 90 % bertani Ia tahu tingkat kesulitan para petani.

Ia, juga lahir dari keluarga petani kecil (susah). Kini Ia, menjabat Wakil Ketua 1 DPRD Kerinci, 2019-2024. Jika Ia mencalonkan diri sebagai Balon Bupati Kerinci 2024 mendatang, tidak tertutup kemungkinan Balon Bupati Kerinci, Kuda Hitam yang bisa muncul tanpa dihitung oleh mitra politiknya?.

Ujang Itam, sosok salah satu tokoh politik masa kini di Kabupaten Kerinci, Jambi ternyata ‘’gemilang’’ tidak, ‘’seburuk namanya.’’

Bujang (Ujang), lelaki (jantan) yang malang melintang dari bawah meniti karier politiknya, kini menduduki jabatan Wakil Ketua 1 (Satu) DPRD Kerinci, tentu banyak tahu kesulitan masyarakat Kerinci, yang mayoritas petani itu.

Dan sedikit berbeda dengan sosok tokoh politikus Arwiyanto, SE, juga dua periode menjadi anggota DPRD Kerinci, 2014-2019 dan 2019-2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa, (PKB).

Juga anak Desa, dari Desa Siulak Deras Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci Jambi. Dia anak seorang tokoh masyarakat biasa, dan dikenal peduli masyarkat.

Dan Arwiyanto, juga memulai karier politiknya dari bawah, sebelum menjadi anggota DPRD Kerinci, ia dikenal sebagai pengusaha yang sukses dalam pengadaan material bangunan, ‘’pasir/ batu’’ hingga kini.

Dan juga sebagai Petani (peladang) sama dengan masyarakat Kerinci pada umumnya, dan dekat dengan masyarakat bawah, (akar rumput).

Sosoknya, selaku politisi rajin mengunjungi para petani. Dari dua sosok politisi Kerinci, ini keduanya sangat berpeluang menjadi bakal calon (balon) Bupati Kerinci 2024 mendatang, kendati tidak terlalu dihitung oleh mitra (lawan) politiknya.

Dan ini, ‘’kuda hitam’’ yang bisa melejit kapan saja, jika turun gunung merebut balon orang nomor satu di Kabupaten Kerinci.

Karena keduanya, dimata masyarakat mudah dihubungi dan diminta pertolongan, setidaknya bagi masyarakat didaerah pemilihannya, (Dapil 1), Kecamatan Gunung Kerinci, Siulak dan Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci. Dimana PKB, memiliki 4 kursi di DPRD Kerinci dan PAN 5 kursi.

Dan secara umumnya, partai politik mengutamakan kadernya yang lebih active, untuk tampil merebut kursi orang nomor satu di Pemerintahan Pusat dan daerah.

Semua punya peluang yang sama, ‘’jangan sampai dianggap enteng’’ karena kedua sosok tokoh tersebut, ‘’Yuldi Herman alias Ujang Itam dan Arwiyanto, alias Cikwin’’ tokoh yang pekerja keras, dan terbiasa berada dalam keadaan yang sulit. Dan bisa lolos atas redho yang maha kuasa. Semoga. (***)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *