7 Anggota Ormas Diciduk Polisi, Terkait Kasus Pemerasan

BREBES,GEGERONLINE.CO.ID-Tujuh anggota organisasi masyarakat (ormas) Barisan Patriot Peduli Indonesia (BPPI) yang meminta uang damai dalam kasus pemerkosaan anak di Brebes, Jawa Tengah, ditangkap polisi.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes M. Iqbal Alqudusy mengatakan tujuh orang yang ditangkap yaitu Edi Sucipto (36), Wardi Supardi (40), Andy Sugiyanto (42), dan Udin Zen (38). Kemudian, Bambang Jatmiko (35), Tashadi (43), dan Abdul Mutholib (42).

Bacaan Lainnya

“Pada Jumat tanggal 20 Januari 2023 Unit II/Tipidkor Res Brebes telah menangkap terlapor pemerasan atau penipuan atau penggelapan atas nama terlapor Edi Sucipto bin Madro dkk,” kata Iqbal.

Iqbal menuturkan polisi menyita surat kesepakatan damai yang digunakan ormas tersebut dalam mendamaikan kasus pemerkosaan tertanggal 29 Desember 2022. Selain itu, ada uang tunai Rp 6,1 juta.

Keluarga 6 Pemerkosa Brebes Mengaku Diminta Rp 200 Juta oleh Ormas
Para pelaku terancam dijerat dengan pasal Pasal 368 KUHPidana atau Pasal 369 KUHPidana atau Pasal 378 KUHPidana atau Pasal 372 KUHPidana tentang pemerasan, penipuan, dan penggelapan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi pun telah memerintahkan jajarannya agar anggota ormas yang mendamaikan kasus pemerkosaan itu diproses hukum. Menurutnya, penyidik sudah memiliki alat bukti cukup untuk menangkap dan menahan ketujuh tersangka.

“Sudah saya perintahkan untuk Dir Krimum back up untuk Polres Brebes LSM yang telah melakukan upaya upaya melanggar hukum. Sudah kita tahan sebanyak tujuh orang LSM yang berupaya memprovokasi dan melakukan pelanggaran hukum,” kata Luthfi di lobi Mapolda Jawa Tengah.

Penangkapan 7 anggota ormas ini merupakan pengembangan kasus remaja perempuan berusia 15 tahun di Brebes yang diperkosa enam pria. Kasusnya sempat berakhir damai setelah keluarga pelaku dan keluarga korban dimediasi oleh ormas setempat yang memperkenalkan diri sebagai BPPI.

Anggota BPPI meminta sejumlah uang kepada keluarga pelaku untuk diteruskan ke korban sebagai kompensasi agar kasus tersebut tidak dibawa ke ranah hukum.

Polisi Pastikan Usut Tuntas Kasus Pemerkosaan Anak 15 Tahun Brebes
Ormas BPPI sempat meminta duit Rp 200 juta kepada keluarga pelaku. Namun, keluarga pelaku hanya sanggup mengumpulkan Rp 62 juta. Namun, uang yang diserahkan ke keluarga korban hanya Rp 32 juta.

Belakangan, kasus pemerkosaan ini diusut polisi dan para pelaku ditangkap. Keluarga pelaku pun melaporkan ormas tersebut karena dianggap telah melakukan penipuan dan pemerasan.

Sumber : CNNIndonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *