Minim Perhatian Pemkab dan Dewan, Warga Pelompek Iuran Perbaiki Jalan di Kerinci

Ket Foto: Jalan Dusun Air Tenang Pelompek yang rusak parah Kabupaten Kerinci. (Dok)

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Masyarakat Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi nampaknya resah bercampur muak melihat kondisi jalan Lingkar Kabupaten di Dusun Air Tenang Pelompek yang rusak parah. dan tak kunjung diperbaiki oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci.

Masyarakat menilai ini akibat dari minimnya perhatian dari Pemkab dan Anggota DPRD Kerinci terhadap infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah, Sehingga masyarakat Desa Pelompek berinisiatif untuk melakukan gotong royong memperbaiki jalan tersebut dengan cara mengumpulkan dana swadaya dari rumah ke rumah warga setempat.

Bacaan Lainnya

Kondisi jalan tersebut berlubang lebar dan dalam sehingga disaat hujan tergenang air. Diperparah lagi batu kerikil berserakan di badan jalan. kondisi tersebut sangat membahayakan dan mengancam bagi para pengguna jalan terutama bagi pengendara kendaraan roda dua dan empat, menurut informasi, sudah banyak terjadi kecelakaan di jalan tersebut dan tak sedikit menelan korban.

Mulyadi tokoh masyarakat setempat kepada wartawan mengungkapkan rasa kecewanya terhadap Pemkab Kerinci. Ia mempertanyakan dimana tanggung jawab Pemkab Kerinci sehingga masyarakat harus iuran untuk memperbaiki jalan yang rusak. Bukan hanya itu selain itu, kurang perhatian dari Camat dan Kepala Desa membuat jalan yang rusak terabaikan, kata Mulyadi.

“Iya, kami melakukan perbaikan jalan yang rusak secara swadaya, ini kami lakukan untuk mengetuk hati Pemerintah daerah dan DPRD Kerinci agar bisa memperhatikan jalan yang rusak parah, kami akui beberapa tahun belakangan ini ada Proyek Infrastruktur yang masuk ke Dusun Air Tenang Pelompek yang katanya Pokir Dewan”.

Namun sayangnya, proyek tersebut kurang azas manfaatnya bagi masyarakat setempat. Mestinya diutamakan pembangunan yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat banyak. jangan hanya sebatas kepentingan Pencitraan dan mencari paket proyek yang Empuk, ujarnya dengan nada kesal.

Saat ini warga Dusun Air Tenang Pelompek tidak ingin lama menunggu tindakan pemerintah melakukan perbaikan jalan, Alhasil jalan ini kami perbaiki dengan cara di Cor. Langkah ini dilakukan karena kondisi jalan sudah tidak layak pakai dan dapat membahayakan bagi para pengguna jalan.

“Iya dari pada nantinya warga nunggu tapi tidak diperbaiki, lebih baik ambil inisiatif seperti ini. Dengan bermodalkan kekompakan mengeluarkan sedikit uang dan bergotong royong, kalau nunggu Pemerintah nanti ujung-ujungnya di PHP (Pemberi Harapan Palsu), tegasnya sambil tertawa.

Masyarakat Pelompek lainnya juga berharap bisa menjadi skala prioritas untuk dilakukan perbaikan kedepannya, kasihan lihat masyarakat yang harus iuran dan bergotong royong untuk memperbaiki jalan yang rusak, tandas Mulyadi.

Sementara itu Amrizal dan Reno Effendy Anggota Komisi III DPRD Kerinci saat diminta tanggapannya, kepada awak media mengatakan, bahwa ia berjanji akan segera menindak lanjuti keluhan masyarakat Dusun Air Tenang Pelompek, dan kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kerinci, kata Amrizal dan Reno.

“Iya, hal ini merupakan aspirasi masyarakat kepada kami, mudah-mudahan kami akan perjuangkan dan cari solusi terbaik, paling tidak nanti pokok-pokok pikiran kami akan kami prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur jalan ini pada tahun 2024 mendatang, terangnya. (DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *