Kota Sungai Penuh Dikepung Banjir, Ferry: Akibat Drainase Tak Berfungsi

Ket Foto: Banjir yang Menerjang di Kumun Debai Beberapa Hari yang Lalu. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLIINE.CO.ID-Banjir yang mengepung beberapa wilayah di Kota Sungai Penuh, Rabu, (22/03/2023) mengakibatkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum seperti rumah sekolah, jalan umum dan Masjid tergenang air.

Banjir tersebut disebabkan tidak berfungsinya sistem drainase yang ada di pemukiman penduduk yang tidak memiliki saluran lepas pembuangan air. Sehingga menyebabkan air meluap ke berbagai wilayah di Kota Sungai Penuh.

Bacaan Lainnya

Pantauan gegeronline dilapangan, Rabu (22/03/2023) hujan yang mengguyur Kota Sungai Penuh sekitar pukul 16:00 WIB megakibatkan banjir. Sejumlah rumah warga dan fasilitas umum seperti jalan, sekolah dan Masjid tergenang air.

Ferry Siswadhi mantan pimpinan DPRD Kabupaten Kerinci dan juga tokoh masyarakat Kota Sungai Penuh Kamis (23/3/2023) mengatakan, konstruksi beberapa bangunan jembatan di sepanjang Sungai tidak berfungsi, sehingga mempersempit aliran Sungai, ujar Ferry.

“Iya, ini akibat dari tidak berfungsinya drainase yang ada di Kota Sungai Penuh, sehingga mengakibatkan banjir dibeberapa Kecamatan.”

Untuk itu, dirinya minta kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh untuk segera melakukan pembenahan Daerah Aliran Sungai (DAS), dalam lingkungan pemukiman warga, dan juga melakukan normalisasi atau pengerukan Sungai serta memperbaiki konstruksi beberapa jembatan yang mempersempit aliran Sungai, tandas Ferry Siswadi yang saat ini aktif sebagai Dosen. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *