Belum Difungsikan, Bangunan TPS-3R RPT Terancam Longsor

Ket Foto: Bangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang Berlokasi di Renah Pandan Tinggi (RPT) Desa Sungai Ning Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Bangunan TPS-3R berlokasi di Renah Padang Tinggi (RPT), Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh hingga kini belum juga difungsikan.

Informasinya, 3 unit bangunan yang telah menyedot APBD Kota Sungai Penuh tersebut, dalam kondisi tidak aman dan rawan longsor.

Bacaan Lainnya

“Tebing yang disamping bangunan itu adalah tanah timbunan. Kondisi sekarang tanah timbunan itu sudah banyak yang longsor. Jarak longsor dengan bangunan itu sekarang sekitar 1meter sampai 2 meter. Sampai sekarang bangunannya belum juga difungsikan,” ujar sumber yang hampir setiap hari menuju lokasi TPA illegal RPT.

“Ini dampak dari tidak adanya kajian yang mendalam sebelum membangun bangunan TPS-3R,” ujarnya

Proyek bangunan TPS-3 telah menyedot anggaran sebesar Rp. 2,1 Milyar. Dalam pengerjaan dilakukan terburu-buru dan dipaksakan. Mulai dari proses tender yang baru selesai akhir November dan awal Desember 2022. Waktu pengerjaan proyek sekitar 15 hari.

“Proyek TPS-3R adalah proyek gagal dan terlalu dipaksakan. Kita minta Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir untuk bertanggung jawab,” ujar Zoni Irawan Direktur LSM Geger.

Sementara itu, Walikota Sungai Penuh saat memberikan sambutan di waktu sholat Ied sebelum dirinya disoraki oleh ribuan jemaah, membangga banggakan TPS-3R yang telah dibuatnya tersebut. Bahkan, dirinya mengklaim TPS-3R sudah berhasil dilakukannya dalam mengatasi sampah. Bahkan, dirinya akan terus membuat bangunan TPS-3 R. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *