Sejumlah Anggota BPD Demo di Kantor Bupati Kerinci

Ket Foto: BPD se Kabupaten Kerinci saat Melakukan Demo di Depan Kantor Bupati Kerinci. (Dok)

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Sejumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Kerinci melakukan aksi demontrasi di kantor Bupati Kerinci, Kamis (08/06/2023).

BPBD yang juga dari PABPDSI (Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia) Kerinci menuntut kenaikan honor atau insentif yang saat ini dinilai masih sangat kecil.

Bacaan Lainnya

Menurut BPD yang hadir agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci memperhatikan tunjangan dan honor BPD di Kerinci.

“Kami minta tunjangan BPD dinaikkan. Saat ini sangat tidak layak, kecil sekali. Untuk itu kepada pemerintah daerah agar memperhatikan gaji BPD ini,”tegas salah seorang orator.

Aksi BPD ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan Satpol PP Kerinci. Hingga jajaran Pemkab Kerinci turun bertemu dengan BPD dan melakukan audiensi.

Kaban Kesbangpol Kerinci Redi Asri mengatakan aksi demo BPD berjalan dengan aman dan lancar. Dari hasil audiensi, ado beberapa item yang segera untuk ditindaklanjuti.

“Harapan ke depan, intinya bagaimana penyelenggaraan Pemerintah di tingkat Desa dapat berjalan dengan baik, semua komponen yangg terlibat mampu membangun sinergitas sehingga dalam kerangka berjalannya pembangunan di Kabupaten Kerinci, ” kata Redi

Menanggapi hal ini Sekda Kerinci Zainal mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci akan bersurat ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI terkait dengan mengusulkan penambahan DAU-K (Dana Alokasi Umum Khusus), untuk penyetaraan Tunjangan dan operasional BPD Kerinci.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci, DPRD Kerinci akan mendampingi perwakilan PABPDSI Kabupaten Kerinci dan PABPDSI Provinsi Jambi berkoordinasi ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI pada bulan 13 Juni 2023 (bersamaan dengan perwakilan Forum Kades, Perwakilan PPDI) terkait dengan usulan penambahan DAU-K (Aspirasi PABPDSI).

Selain itu peningkatan Kapasitas SDM BPD Kabupaten Kerinci, akan melibatkan nara sumber yang berkompeten dan pentingnya harmonisasi antara BPD, Kades dan Perangkat Desa lainnya dengan melibatkan peran dari OPD terkait.

Serta DPRD bersama Pemda Kerinci akan menindaklanjuti pembahasan permasalahan BPD di DPRD Kerinci dan diminta kepada BPD untuk menyurati DPRD Kerinci, namun sebelumnya Komisi I DPRD Kerinci akan hearing dengan Pemerintah Daerah OPD. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *