Wagub Sani: PMR Tumbuhkan Sikap Saling Tolong Menolong Tanpa Perbedaan

Ket Poto : Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani saat melepas Keberangkatan Kontingen Provinsi Jambi dalam rangka mengikuti Jumpa Bhakti Gembira Palang Merah Remaja (PMR) KE-IX tingkat Nasional tahun 2023 yang diselenggarakan di Provinsi Lampung. Pelepasan, Sabtu pagi (01/07/2023) di Rumah Dinas Gubernur Jambi. (Sapra Wintani/Foto : Harun, Sobirin/Video : Patra)

JAMBI,GEGERONLINE.CO.ID-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.P.di berharap, melalui kegiatan Jumbara PMR, seluruh peserta Provinsi Jambi mampu menggali dan meningkatkan kemampuan sebagai Palang Merah Remaja. Tidak hanya Hardskill didapat, peserta juga akan mendapatkan softskill, keterampilan teknis, peserta juga harus meningkatkan keterampilan jiwa, menumbuhkan jiwa dan sikap saling tolong menolong tanpa melihat perbedaan.

Harapan demikian disampaikan Wagub saat melepas Keberangkatan Kontingen Provinsi Jambi Dalam Rangka Mengikuti Jumpa, Bhakti, Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) Ke- IX Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Provinsi Lampung. Pelepasan diselenggarakan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu, (01/07/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi yang akan mengirimkan kontingen sebanyak 83 (delapan puluh tiga) peserta yang terdiri dari perwakilan PMI kabupaten/kota se-Provinsi Jambi pada kegiatan JUMBARA Nasional ke IX (Sembilan) di Provinsi Lampung. Saya bangga Provinsi Jambi selalu aktif dan produktif pada setiap event nasional di segala bidang berkehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Wagub Sani.

Wagub Sani menjelaskan, kemajuan teknologi pada era revolusi industri 4.0 saat ini menjadi hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, untuk itu, setiap inovasi yang diciptakan tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga memberikan dampak negatif yang mengiringi generasi sekarang. “Lunturnya nilai kepedulian sosial dikalangan masyarakat, terutama anak-anak dan remaja menjadi salah satu dampak serius yang muncul pada era globalisasi. Anak-anak dan remaja saat ini, cenderung memiliki sikap apatis dan acuh terhadap sekitar, sehingga timbul sikap individualisme,” jelas Wagub Sani.

Wagub Sani mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter kuat yang terintegrasi dengan daya kompetensi yang tinggi, serta mampu menerapkan nilai-nilai baik dalam seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Pendidikan penguatan karakter bangsa menjadi salah satu komitmen Pemerintah Provinsi Jambi yang terangkum dalam visi Pembangunan Provinsi Jambi yaitu Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional dibawah Ridho Allah SWT, melalui misi ketiga yaitu Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, dengan salah satu program pendidikan karakter yakni Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan,” kata Wagub Sani.

Lebih lanjut Wagub Sani sangat mengharapkan kepada peserta Jumbara PMR Provinsi Jambi harus mampu menggali dan meningkatkan kemampuan sebagai Palang Merah Remaja. Tidak hanya Hardskill didapat, peserta juga akan mendapatkan softskill. “Tidak hanya kemampuan dan keterampilan teknis, peserta juga dapat meningkatkan keterampilan jiwa, menumbuhkan jiwa dan sikap saling tolong menolong tanpa melihat perbedaan serta mengembangkan prinsip solidaritas dan kepedulian sosial, sehingga akan mencetak generasi bangsa yang cerdas dan berbudi pekerti luhur, sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang telah tertuang dalam falsafah Pancasila, yaitu menjadi generasi yang berkarakter dan Tangguh,” harap Wagub Sani.

“Pemerintah Provinsi Jambi terus mendukung upaya pengembangan, pembinaan serta peningkatan kompetensi dan kompetisi pendidikan karakter generasi muda. Semoga melalui dukungan dan sinergi banyak pihak, termasuk pemerintah dan FORKOPIMDA, dapat menambah spirit kontingen untuk berperan aktif berjuang dan berkompetisi,” lanjut Wagub Sani.

Wagub Sani juga berpesan kepada para peserta agar melaksanakan dan mengikuti JUMBARA Nasional ini dengan menjunjung tinggi sportivitas dan rasa persaudaraan. “Ingatlah, selain untuk berkompetisi, kita harus menanamkan dalam benak kita bahwa JUMBARA ini juga sebagai ajang bersilaturahmi dalam meningkatkan rasa persaudaraan yang dilandasi satu rasa berbangsa Indonesia dan juga demi misi kemanusiaan. Jaga selalu etika dan kesopanan, jagalah nama baik PMI Provinsi Jambi dimanapun kalian berada. Selalu ingat dengan esensi JUMBARA yakni Jumpa, Bhakti dan Gembira, maka ikutilah kegiatan ini dengan gembira, bersahabat, namun tetap partisipatif kompetitif,” pesan Wagub Sani.

“Kontingen PMR Jambi, jaga dan mengutamakan nama baik Jambi, tingkatkan prestasi dan raih prestasi sebanyaknya, Untuk itu, setiap anggota PMR Jambi yang mengikuti kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ini harus mempunyai percaya diri dalam performa yang terbaik,” sambung Wagub Sani.

“Ilmu yang didapat melalui kagiatan JUMBARA ini dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari para peserta. Selamat bertanding dan selamat berjuang. Tugas ini merupakan tugas mulia, maka laksanakanlah dengan dedikasi dan tanggung jawab agar hasil serta ilmu yang didapat dapat berguna bagi masyarakat dan daerah yang kita cintai ini, Provinsi Jambi,” pungkas Wagub Sani.

(Diskominfo Provinsi Jambi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *