Ketua KONI Kota Sungai Penuh Diminta Transparan Terkait Penggunaan Anggaran

Ket Foto: Plt Ketua KONI Kota Sungai Penuh Khairi saat Menerima SK Plt. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sungai Penuh Khairi, diminta masyarakat untuk transparan dalam Pengelolaan dan penggunaan dana KONI tahun anggaran 2023 demi terciptanya Keterbukaan Informasi Publik dalam mengelola dana yang bersumber dari APBD, APBN ataupun Hibah.

Apalagi saat ini sejumlah Cabang Olahraga (Cabor) Kota Sungai Penuh tengah mengikuti rangkaian kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Ke-XXIII tahun 2023 yang digelar di Kota Jambi.

Bacaan Lainnya

Diketahui, KONI Kota Sungai menerima dana hibah untuk PORPROV Jambi tahun 2023 sebesar kurang lebih Rp 4 Milyar.

“Seharusnya KONI Kota Sungai Penuh mengumumkan ke publik besaran anggaran yang diberi untuk tiap Cabor” ujar Zukri, Jum’at (7/7/2023).

Zukri menambahkan, dalam penggunaan anggaran yang bersumber dari APBD/ APBN maupun dari dana Hibah wajib bagi masyarakat untuk mengetahuinya.

“Ya, wajib hukumnya, masyarakat mengetahui berapa dana KONI, dan diperuntukkan kemana saja,karna itu kan anggaran bersumber dari uang Negara” tambahnya.

Hairul, salah satu pemerhati Olahraga Kota Sungai Penuh saat ditemui Gegeronline beberapa waktu juga menyampaikan hal yang sama, berapa besaran anggaran yang diterima oleh tiap Cabor dan harus diumumkan. Biar jelas penggunaannya.

“Ini sama saja tidak adanya transparan dalam penggunaan anggaran, sedangkan daerah lain diumumkan, kenapa Kota Sungai Penuh terkesan tertutup,” ungkapnya.

Salah satu pengurus Cabang Olahraga (CABOR) saat dikonfirmasi mengatakan, khusus untuk cabor kami menerima sebesar Rp 42 juta. “Uang saku untuk atlit selama mengikuti PORPROV sebesar Rp 200 per hari.

Khairi Plt Ketua KONI Kota Sungai Penuh dikonfirmasi Gegeronline Via WhatsApp Senin (3/7/2023) lalu mengatakan, dana untuk cabor didistribusikan langsung ke rekening cabor masing-masing, kata Khairi.

Saat ditanya berapa jumlah anggaran yang diterima tiap Cabor, dirinya hanya menjawab “Bervariasi sesuai dengan jumlah atlit yang dikirim”. Tanpa menjawab jumlah angka.

Sebelumnya, Kadispora Kota Sungai Penuh Don Fitra Jaya, membenarkan bahwa sudah dicairkan dana hibah untuk KONI Kota Sungai Penuh sebesar Rp. 4 Milyar. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *