Banyak Pejabat Jadi Pengurus, SK KONI Kerinci Diduga Cacat Hukum

Ket Poto: Wakil Ketua Umum KONI Provinsi Jambi (Kiri) Deki Almitas Ketua Umum KONI Kabupaten Kerinci. (dok)

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Surat Keputusan (SK) Pengurus Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Kerinci nomor 40 tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 Tentang Pengukuhan Personalia Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kerinci Masa Bakti 2021-2025. Diduga kuat Cacat Hukum.

Pasalnya, Dalam SK Ketua Umum KONI Provinsi Jambi yang ditandatangani Budi Setiawan banyak Pengurus KONI Kabupaten Kerinci periode 2021-2025 diisi oleh para Pejabat Struktural dan Fungsional dari Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Ketua Salah satu Partai di Kabupaten Kerinci.

Bacaan Lainnya

Akibatnya, Kepengurusan KONI Kabupaten Kerinci tersebut diduga kuat bertentangan dengan Undang Undang dan peraturan yang berlaku Karena rangkap jabatan di tubuh KONI Kabupaten Kerinci.

Berikut Nama Pejabat yang Menjadi Pengurus KONI Kabupaten Kerinci:

1. Radium Halis menjabat sebagai Wakil Ketua III KONI merangkap Ketua Cabang Olahraga (Cabor) Tenis Lapangan (Kadis Pertanian Kerinci)

2. Romui Elasi Sekretaris Umum KONI Kabupaten Kerinci (Sekretariat Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci)

3. Zufran Wakil Ketua I KONI merangkap Ketua Cabor angkat besi (Inspektur Inspektorat Kabupaten Kerinci)

3. Osrayandi Wakil Ketua V KONI merangkap Ketua Cabor Dayung (Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kerinci)

4. Asril Wakil Ketua III KONI merangkap Ketua Cabor Sepatu Roda (Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Kerinci)

5. Deki Elmitas Ketua Umum KONI Kabupaten Kerinci merangkap Ketua Cabor arate (Ketua salah satu Partai di Kabupaten Kerinci)

Sekretaris Umum KONI Provinsi Jambi Mumtaz ketika dikonfirmasi via telepon Cellulernya mengatakan, sebenarnya mengenai SK bukanlah kewenangan saya. Kalau menyangkut dengan objek vital seperti tidak aktif atau vakum dari tugas pokok itu baru kewenangan saya, ujarnya.

“Iya, terkait soal SK KONI Kabupaten Kerinci silakan tanya sama pak Boy Wakil Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, lanjutnya.

Wakil Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Boy saat dimintai tanggapannya melalui WhatsApp tidak menjawab, meskipun terlihat sudah dibaca. Hingga berita ini dipublis belum ada jawaban resmi dari Pengurus KONI Provinsi Jambi.

Ditempat terpisah Zukhisman pengamat Olahraga saat dimintai tanggapannya mengatakan, adanya sinyalemen pengurus KONI Kabupaten Kerinci rangkap jabatan, ini menjadi sebuah problem tersendiri didunia Olahraga Kerinci, seyogyanya acuan kepengurusan sejatinya bedasarkan Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku, ungkapnya.

Ia menambahkan, Berdasarkan Aturan tidak boleh rangkap jabatan di Kepengurusan KONI, apakah ini tidak berlaku di Kerinci. KONI Provinsi Jambi harusnya menganulir SK pengurus KONI Kerinci, masa KONI Provinsi tidak pegang aturan, tambahnya.

Saya sangat menyayangkan hal ini menjadi polemik ditengah masyarakat, harapan saya semoga kedepanya bisa lebih baik lagi, saya sendiri pernah di Cabor IPSI buktinya Porda tahun 2006 IPSI Kerinci juara umum, tandas mantan Sekretaris Umum KNPI 2002-2006 ini.  (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *