Hasil Pileg Pertarungan Awal 3 Balon Wako Sungai Penuh 2024, Siapa Pemenangnya?

Ket Foto: (Kiri) Fikar Azami Ketua DPD Golkar Kota Sungai Penuh, (Tengah) Alvia Santoni Ketua DPC PPP Kota Sungai Penuh dan (Kanan) Ahmadi Zubir Kader PDIP Kota Sungai Penuh. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Pertarungan awal 3 (tiga) Bakal Calon (Balon) Walikota Sungai Penuh 2024 mulai digaungkan tiga bakal calon Walikota Sungai Penuh.

Balon inkumben, Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir (PDI-Perjuangan) dan Wakil Walikota Sungai Penuh Alvia Santoni (PPP). Eks Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Fikar Azami (Golkar).

Bacaan Lainnya

Beda dengan Ahmadi Zubir, Alvia Santoni dan Fikar Azami langsung memegang ‘tongkat’ komando dalam pemenangan Pemilu di Kota Sungai Penuh. Sedangkan Ahmadi Zubir menjabat Wakil Ketua DPD PDI-P Provinsi Jambi.

Teranyar, Fikar Azami berhasil menggaet Caleg unggulan dari partai Demokrat. Digaet Fikar keduanya mundur dari partai Demokrat dan anggota DPRD Kota Sungai Penuh.

Hutri Randa Dapil Pesisir Bukit, Hamparan Rawang dan Koto Baru dan Arlis Harun Dapil Kumun Debai dan Tanah Kampung.

Masuknya kedua politisi ini, membuka lebar peluang partai Golkar mendapatkan 5 hingga 6 kursi DPRD Kota Sungai Penuh. Pasalnya, di partai Golkar Kota Sungai Penuh saat ini diisi Caleg yang memiliki pengaruh luas di masyarakat.

Sama dengan Partai Golkar, Caleg PPP Kota Sungai Penuh juga merata disetiap Dapil. Semua anggota DPRD dari PPP mencalonkan kembali di Pileg. Bahkan, Caleg baru di PPP juga gencar turun dan mensosialisasi.

PDI-P juga sama, loyalis Ahmadi Zubir juga masuk sebagai calon anggota legislatif, calon kuat loyalis Ahmadi tersebut terdapat di dapil Pesisir Bukit, Hamparan Rawang dan Koto Baru. Seperti Eks Kades Koto Lolo Dedi dan eks pejabat eselon 2 Kota Sungai Penuh Asrizal.

Pengamat politik Kota Sungai Penuh Mukri Soni, S.Ip, M.Si mengungkapkan bahwa Pileg 2024 mendatang merupakan pertarungan awal Pilwako Sungai Penuh.

“Iya, Pileg ini merupakan penentu dan adu kuat antara tiga kandidat bakal Walikota Sungai Penuh. Baik itu Fikar Azami, Alvia Santoni dan Ahmadi,” bebernya

Menurut dia, dampak Pileg juga menjadi barometer seberapa pengaruh dan kejelian para Balon Wako dalam menyusun strategi dalam memuluskan maju sebagai calon Walikota.

“Siapa yang akan menjadi pemenang nantinya, maka peluang untuk menjadi Walikota mendatang terbuka lebar. Sekaligus memuluskan langkah mereka untuk maju menjadi Calon Walikota,” bebernya. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *