Sisa Dana Tender Ulang Sayap Bendungan Sungai Bungkal Rp 850 Juta Dipertanyakan

Ket Foto: Kondisi Terkini Bendungan Sungai Bungkal Berlokasi di Desa Pelayang Raya Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh. (Foto DD)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan tender ulang proyek pembangunan sayap bendungan Kecamatan Sungai Bungkal senilai Rp 1.850.000.000,00 (satu miliar delapan ratus juta rupiah) karena diduga adanya gugatan dari pihak rekanan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh gegeronline.co.id di lapangan, tender proyek pembangunan Sayap Bendungan Sungai Bungkal dengan anggaran dari Rp 1.850.000.000,00 dan saat ini dilakukan tender ulang dengan nilai anggaran sebesar Rp 1.000.000.000,00.

Bacaan Lainnya

Salah satu sumber kepada gegeronline.co.id Sabtu (14/10/2023) menyebutkan, bahwa Dinas PUPR Kota Sungai Penuh melaksanakan tender ulang pembangunan Sayap Bendungan Sungai Bungkal karena adanya gugatan dari pihak rekanan, sebut sumber.

Ia menambahkan, anehnya pada tender pertama dana proyek tersebut senilai Rp 1.850 000.000 pada tender ulang dananya berubah menjadi Rp 1.000.000.000, pertanyaannya dikemanakan sisa dana tender Rp 850 juta itu, tambah sumber yang minta namanya dirahasiakan.

“Iya, pekerjaan pembangunan sayap Sungai Bungkal ditender ulang, anehnya dananya dikurangi sehingga ada sisa dana Rp 850 juta. Pertanyaannya kemana sisa anggaran tersebut,” ungkapnya.

Kuat dugaan terjadi Rekayasa anggaran Karena diduga tidak melalui mekanisme karena Tender Batal, muncul lagi tender dengan nilai sebesar Rp 1 M. Jika sisa dana Rp850 juta dijadikan proyek Penunjukan Langsung (PL) tidak dibenarkan oleh aturan, Dan seharusnya sisa dana tersebut dijadikan Silva, tutup sumber.

Salah satu Pokja UKPBJ Sungai Penuh dikonfirmasi terkait tender ulang pekerjaan pembangunan Sayap Bendungan Sungai Bungkal, Minggu (15/10/2023) menuturkan, bahwa paket pekerjaan tersebut dilakukan tender ulang, tuturnya.

“Iya, paket pekerjaan pembangunan Sayap Bendungan Sungai Bungkal ditender ulang, saat ini dalam proses. Dan anggaran kegiatan tersebut sudah dikurangi sehingga tender saat ini dananya sebesar Rp 1 M,” tutup sumber. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *