Menakar Peluang Calon DPRD Provisi Jambi Dari PDI-P, Siapa Berpeluang?

Ket Foto: Zubir Dahlan Anggota DPRD Provinsi Jambi (Kiri) dan Rucita Caleg Provinsi Jambi Dapil Kerinci-Sungai Penuh (Kanan). (Dok)

Oleh: H. Ferry Siswadhi, SE, M.Si

– Akademisi dan Pengamat Politik dan Kebijakan Publik
– Dosen STIE Sakti Alam Kerinci

Bacaan Lainnya

Pada kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 untuk DPRD Provinsi Jambi Daerah Pemilihan (Dapil) Kerinci – Sungai Penuh dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) muncul 2 Calon Legislatif (Caleg) yang digadang-gadangkan berpeluang lolos yaitu H. Zubir Dahlan dan Rucita yang mungkin saja oleh internal PDI-P dianggap akan mampu meraih 2 kursi.

H. Zubir Dahlan merupakan calon Petahana, secara popularitas dan kematangan berpolitik tentu memiliki kelebihan,.Tapi juga tidak bisa dipungkiri bahwa selama menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi 2019 – 2024 sangat kurang terdengar gaungnya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Hal ini tentu akan menjadi catatan tersendiri bagi Pemilih cerdas. Meskipun demikian peluang untuk terpilih kembali juga cukup besar karena banyak faktor dan Variabel yang dalam Voter menentukan pilihannya.

Rucita Arfianisa adalah pendatang baru di dunia politik dan boleh dikatagorikan tidak memiliki pengalaman politik. Kemunculan Rucita di kontestasi Pileg 2024 ini hampir sepenuhnya memanfaatkan statusnya sebagai anak kandung Ahmadi Zubir Walikota Sungai Penuh yang mungkin ingin mencontoh Walikota sebelumnya Asyafri Jaya Bakri (AJB) yg sukses mengantarkan putranya Fikar Azami sebagai Ketua DPRD Sungai Penuh dan putrinya Ezzaty sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2019 – 2024.

Namun disamping belum matang berpolitik hal lain yang akan membuat berat bagi Rucita adalah praktek “Politik Dinasti” yang pada saat Pilwako 2020 sangat ditentang oleh ayahnya Ahmadi Zubir dan sekaligus menjadi senjata andalan untuk memperoleh simpati masyarakat.

Sehingga praktek “Politik Dinasti” yang sedang dipraktekkan ini akan menjadi bumerang atau senjata makan tuan yang akan sangat merugikan Rucita.Tapi Sang Ayah Ahmadi Zubir tentu tidak akan diam saja, semua sumber daya pasti akan dimanfaatkan untuk membuat peluang lolos Anaknya Rucita menuju kursi DPRD Provinsi Jambi.

Sangat kecil kemungkinan PDI-P akan memperoleh 2 kursi untuk DPRD Provinsi Jambi dari Dapil Kerinci-Sungai Penuh karena Calon-calon dari Partai lainnya juga memunculkan tokoh-tokoh yang berkualitas dan populer di tengah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *