Warga Kerinci dan Sungai Penuh Keluhkan Air Sungai yang Tercemar Galian C

Ket Foto: Diduga Akibat dari Galian C di Sungai Tuak Siulak Deras Kecamatan Gunung Kerinci, Air Sungai Batang Merao Berubah Warna Seperti Kopi Susu. (Foto DD)

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Warga Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi yang tinggal disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Merao mengeluhkan kondisi air yang keruh dan berubah warna Akibatnya masyarakat tidak bisa memanfaatkan air Sungai sebelumnya jernih.

Perubahannya warna air Sungai tersebut diakibatkan karena adanya aktivitas galian C di Sungai Tuak Siulak Deras Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Bacaan Lainnya

Yanto salah satu warga yang tinggal disepanjang Sungai Batang Merao, kepada Gegeronline, Sabtu (28/10/2023) mengatakan, bahwa Air Sungai Batang Merao yang dulunya bersih dan jernih yang biasanya dijadikan warga untuk mandi dan mencuci pakaian, sekarang tidak bisa lagi karena sudah keruh sehingga tidak dapat digunakan untuk mencuci baju dan mandi, ungkap Yanto.

“Iya, sekarang air Sungai Batang Merao tidak dapat digunakan untuk mencuci pakaian dan mandi. Dengan adanya perubahan warna air Sungai, warga terpaksa mandi numpang di Masjid atau rumah tetangga,”ujarnya.

Sementara itu, Hengki warga Hamparan Rawang menuturkan hal yang sama pada musim kemarau harusnya air Sungai Batang Merao jernih. Bukan sebaliknya seperti kopi susu, jelas Hengki.

Lebih lanjut, Hengki menjelaskan keruhnya air Sungai Batang Merao diduga diakibatkan dari aktivitas galian C di Sungai Tuak Siulak Deras, maka air sungai ini berobah warna seperti kopi susu.

Oleh sebab itu, dirinya minta kepada pemerintah Provinsi Jambi dan Kerinci untuk meninjau kembali izin Galian C di Siulak Deras Kabupaten Kerinci.

“Akibat dari aktivitas galian C di Sungai Tuak masyarakat banyak menjadi korban. Terutama warga yang di sepanjang Sungai Batang Merao” bebernya.

Informasi yang didapat dilapangan, pemilik Galian C yang berlokasi di Sungai Tuak Siulak Deras Mudik, Kecamatan Gunung Kerinci tersebut yaitu Arwiyanto dan Irwandri yang merupakan oknum anggota DPRD Kabupaten Kerinci. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *