Lapor Wako Ahmadi! Sampah di TPA Kota Sungai Penuh Mulai Ancam Pencemaran Sungai

Ket Foto: Penampakan TPA di Renah Pandan Tinggi (RPT) yang Sudah Mencemari Sungai. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Aktivis Pariwisata dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi Ikhsan Muklisin Daraqthuni mengungkapkan, keberlangsungan pembuangan sampah di Renah Padang Tinggi (RPT), Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh oleh Pemkot Sungai Penuh, telah mengancam pencemaran hulu Sungai yang tidak jauh dari lokasi.

“Kita melihat dari hasil drone, sampah itu sudah jauh masuk ke hutan dekat dengan Sungai. Sepertinya diluar kawasan TPA ini, sekitar 150 meter kedalam,” ujarnya

Bacaan Lainnya

Menurut dia, bergeraknya terus tumpukan sampah ke hulu Sungai tersebut, lanjutnya, juga disebabkan oleh hujan yang mengguyur Kota Sungai Penuh dalam pekan terakhir.

“Lokasi TPA ini ditepi jurang, sampah yang sudah lama menumpuk dan ditutupi tanah ini gembur, sehingga derasnya air hujan membawa sampai hingga 150 meter dekat hulu Sungai. Ini baru satu lokasi, dan kita belum cek lokasi lainnya,” ujarnya

Menyikapi persoalan ini, dirinya meminta Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir untuk memikirkan serius dan membenahi lingkungan yang rusak di daerah dan segera mengantisipasi kerusakan lingkungan yang lebih luas lagi.

“Supaya kerusakannya tidak meluas, kita minta agar Walikota untuk segera bertindak. Ini baru setahun lebih sedikit sudah banyak yang rusak, apalagi ini terus berlangsung masyarakat banyak yang dirugikan,” terang Ikhsan aktivis yang peduli terhadap Lingkungan Hidup ini. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *