Belum Dilewati Kendaraan Aspal Menuju TPS-3R Sudah Rusak. Begini Hasil Pekerjaannya?

Ket Foto: Kondisi Terkini Pasca Selesai Dikerjakan Jalan Menuju Tempat Pembuangan Sampah (TPS-3R) Milik Pemkot Sungai Penuh di Renah Pandan Tinggi (RPT), Kecamatan Sungai Bungkal. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh telah melakukan pengaspalan jalan menuju lokasi TPS-3R skala kawasan Renah Padang Tinggi (RPT), Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh menjelang akhir tahun 2023.

Proyek peningkatan jalan Renah Padang Tinggi (RPT) dikerjakan oleh CV. Putri Berkat Illahi dengan alamat perusahaan jalan Hamparan Rawang, Desa Koto Dian, Kota Sungai Penuh. Anggarannya sebesar Rp. 1,35 milyar bersumber dari APBD Kota Sungai Penuh.

Bacaan Lainnya

Namun, belum sempat dilewati oleh kendaraan roda enam pengangkut sampah, di ruas jalan tersebut sudah mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi cukup parah dan aspal yang digunakan terlihat mengkilat dan diduga banyak bercampur dengan oli bekas.

“Jalan yang dibuat disana (RPT) sangat parah sekali. Bergulung-gulung dan sudah rusak,” ujar sumber kepada wartawan.

Menurut sumber, jalan yang diaspal Hotmix tersebut tidak dilakukan penggilingan.

“Ada sekitar 6 meter, tidak dilakukan penggilingan dengan alat berat. Pernah dicoba dilakukan penggilingan, alat beratnya langsung saja meluncur, karena tanjakannya terlalu tinggi,” terangnya.

Jangankan alat penggilingan aspal yang tidak bisa menempuh jalan tersebut, kendaraan roda enam persampahan juga ragu melewatinya.

“Ragu sopir melihat jalan itu. Turun bisa, naik ini yang tidak bisa. Ditambah lagi aspalnya sembarangan saja dibuat,” terangnya

Pran Melas Pratama, ST Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang membenarkan kondisi jalan tersebut bergelombang dan sebagian belum dilakukan penggilingan.

Menurut dia, pada bagian jalan yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan dalam waktu dekat ini dan masih menunggu kedatangan alat berat.

“Bagian yang rusak dicoba diperbaiki.  Nunggu alat dan kesiapan personel,” ujarnya

Apakah pekerjaan sudah dibayarkan 100 persen? “Hingga kini belum ada pekerjaan dibayar 100 persen,” ujarnya

Lapis Pondasi Agregat tidak boleh ditempatkan, dihampar, atau dipadatkan sewaktu turun hujan, dan pemadatan tidak boleh dilakukan segera setelah hujan atau bila kadar air bahan jadi tidak berada dalam rentang yang ditentukan dalam Pasal 5.1.3.3. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *