Iksan: Banjir Sulit Surut Karena Hilir Sungai Batang Merao Sudah Dangkal Dan Dipenuhi Sampah

Ket Foto: Area Persawahan yang Terdampak Banjir di Dekat Danau Kerinci Jambi. (Dok)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Iksan Muchlisien aktifis Lingkungan Hidup mengungkapkan banjir yang disebabkan oleh meluapnya sungai Batang Merao sulit surut karena telah terjadi pendangkalan di hilir sungai Batang Merao.

“Tadi pagi kita telah melakukan pantauan langsung dengan drone, jelas terlihat antara Sungai Batang Merao dengan Danau Kerinci telah terjadi pendangkalan yang serius dan banyak gundungkan sampah bercampur tanah,” ujar Iksan kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

“Semua vidio yang tadi pagi kita drone kita tayangkan semua di YouTube sansien. Semoga ini menjadi perhatian pemerintah pusat, provinsi, Kabupaten dan Kota,” ujarnya

Menurut dia, solusi yang perlu dilakukan adalah segera dilakukan normalisasi Sungai dikawasan hilir sepanjang Batang Merao hingga Danau Kerinci. Selain, juga diperbuatan waduk yang berfungsi dalam melakukan penyaringan sampah – sampah.

Selain itu, menurut pantauan dia dilapangan, telah terjadi air Sungai Batang Merao di wilayah Tanjung Pauh Hilir, Ujung Pasir hingga semerap yang daerah yang berbatasan langsung Sungai Batang Merao dengan Danau Kerinci terendam.

“Disitu jelas sekali terlihat, di hilir Sungai Batang Merao Batang kondisi banjirnya malah lebih parah. Kalau daerah lain langsung dengan masyarakat, kalau disana sawah banyak terendam,” terangnya. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *