Berikut Ini Perbedaan Warna Surat Suara Pemilu 2024

Contoh Surat Suara Pemilu Tahun 2024. (Dok)

JAKARTA,GEGERONLINE.CO.ID-Rabu (14/2/2024) menjadi hari berlangsungnya Pemilihan Umum 2024. Surat suara menjadi salah satu perlengkapan pemungutan suara yang paling penting.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat suara diartikan sebagai surat pemilih. Surat suara tersedia di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bacaan Lainnya

Pemilu 2024 terdiri dari Pemilihan Eksekutif yakni Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI. Ada beberapa aturan yang perlu diketahui terkait surat suara Pemilu 2024.

Sebagai pemilih, kita perlu memahami ketentuan surat suara pemilu berikut, seperti yang dijelaskan dalam Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2023 dan Keputusan KPU Nomor 1202 Tahun 2023 beserta perubahannya.

Jenis dan Warna Surat Suara Pemilu 2024

Dikutip detikJabar dari laman resmi JDIH KPU, jumlah surat suara ada lima jenis. Kelima surat suara terdiri atas suara suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu anggota DPR, Pemilu anggota DPD, Pemilu anggota DPRD provinsi, dan Pemilu anggota DPRD kabupaten/kota.

Pemilu serentak tahun ini menggabungkan pemilihan legislatif dan eksekutif. Pemilih akan diberikan lima kertas surat suara sekaligus, dengan warna yang berbeda-beda sesuai peruntukannya. Setiap surat suara memiliki ciri khas dan warna yang membedakannya.

1. Surat Suara Warna Abu-abu

Abu-abu merupakan warna surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Surat suara ini untuk memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres/Cawapres) periode selanjutnya yakni 2024-2029.

Surat suara ini memuat foto pasangan Capres/Cawapres, nama pasangan Capres/Cawapres, nomor urut pasangan Capres/Cawapres. Selain itu, ada tanda gambar partai politik dan/atau tanda gambar gabungan partai politik pengusung pasangan capres-cawapres.

2. Surat Suara Warna Merah

Merah menjadi warna untuk surat suara Pemilu anggota DPD. Surat suara ini menjadi instrumen penting pemilihan wakil rakyat di daerah. Kertas surat suara merah memuat daftar calon anggota DPD sesuai provinsi, lengkap dengan nomor urut, foto, dan nama calon anggota DPD.

3. Surat Suara Warna Kuning

Kuning menjadi warna untuk surat suara Pemilu anggota DPR. Surat suara kuning digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Surat suara ini mencakup sejumlah informasi seperti tanda gambar partai politik beserta logonya, nomor urut partai politik, serta nomor urut dan nama-nama calon anggota DPR RI.

4. Surat Suara Warna Biru

Biru merupakan warna surat suara Pemilu anggota DPRD provinsi. Surat suara biru digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi. Surat suara ini pada bagian dalam memuat informasi nomor urut partai politik, tanda logo atau gambar partai politik, nama partai politik, nomor urut dan nama calon anggota DPRD provinsi.

5. Surat Suara Warna Hijau

Hijau menjadi tanda untuk surat suara Pemilu anggota DPRD kabupaten/kota. Surat suara ini pada bagian dalam memuat informasi nomor urut partai politik, tanda logo atau gambar partai politik, nama partai politik, nomor urut dan nama calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Spesifikasi Bentuk Surat Suara Pemilu 2024

Merujuk pada Lampiran Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum, dijelaskan spesifikasi teknis surat suara sebagai berikut:

1. Bentuk surat suara 4 persegi panjang dengan posisi vertikal atau horizontal

2. Ukuran surat suara disesuaikan dengan jumlah pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPD pada setiap Dapil, dan partai politik peserta Pemilu beserta jumlah calon anggota DPR, DPD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota

3. Jenis kertas surat suara yakni Hout Vrij Schrijfpapier (HVS) 80 g/m2

4. Bahan surat suara berupa bubur kertas dan/ atau daur ulang. (red)

Sumber: detik.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *