Pemilu di Dapil 5 Kerinci Diduga Curang, Nova: Diduga Ada Pergeseran Suara Caleg Lain ke Bir Ali

Novan Salah Satu Saksi Saat Memperlihatkan Hasil Rekap Suara dan Salah Satu Gedung di Bukit Kerman. (Dok)

KERINCI,GEGERONLINE.CO.ID-Kasus dugaan kecurangan terstruktur di Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci kembali mencuat. Hal ini diketahui pada saat pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara ditingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

Informasi yang diperoleh pada hari Pertama Pleno PPK Kecamatan Gunung Raya, Minggu (18/02/2024) terdapat kejanggalan di C Plano bekas Tipe X suara Bir Ali Caleg Dapil 5 dari Partai PPP.

Bacaan Lainnya

Kejanggalan tidak hanya sampai disitu, saksi pun mendapatkan hal yang sama pada Rapat Pleno Rekapitulasi, Rabu (21/02/2024) malam, dimana pada perolehan suara Bir Ali Caleg PPP ditemukan pakai Tipe X. Kondisi ini menjadi pertanyaan dari saksi dan warga yang melihat proses rapat Pleno rekapitulasi suara ditingkat Kecamatan Gunung Raya.

Novan Saksi Partai yang mengikuti Rapat Pleno tingkat Kecamatan Gunung Raya mengatakan, bahwa kuat dugaan adanya pergeseran suara Caleg lain ke Bir Ali Caleg dari PPP, kata Novan.

“Kuat dugaan terjadi kecurangan terstruktur, mereka sudah merencanakan namun terlalu ceroboh, sekarang nampak sekali kecurangan dengan cara merubah hasil Pemilu,” ungkap Novan.

Ditambahkannya, bahwa C Hasil dari TPS di Kecamatan Gunung Raya, yang memiliki bekas Tipe X pada perolehan hasil Caleg Bir Ali saja. Kuat dugaan ada keterlibatan penyelenggara dalam dugaan kecurangan di Kecamatan Gunung Raya.”Masa bekas Tipe X di suara Caleg PPP Bir Ali terjadi berkali-kali, disini bisa dilihat Kecurangan Pemilu, tambahnya.

Menurut pengakuan dari PPS di beberapa wilayah Desa Kecamatan Gunung Raya masih ada bekas Tipe X di suara Caleg Bir Ali,” tandasnya.

Tak terima dengan perolehan suara Caleg PPP nomor urut 1 yang di tipe X, pihaknya menuangkan dalam formulir D kejadian khususnya. “Semoga KPU dan Bawaslu Kerinci untuk dapat bertindak dalam kasus dugaan kecurangan tersebut,” harapnya.

Anggota Bawaslu Kerinci, Chintiya Albert Si’in mengatakan, bahwa pihaknya telah menelusuri ke tingkat bawah, jika ditemukan keberatan saksi silahkan sampaikan data yang benar dan dituangkan dalam Formulir Kejadian Khusus.

“Kalau memang ada keterlibatan penyelenggara silahkan laporkan ke Bawaslu Kerinci untuk kita tindak lanjuti,” pungkasnya. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *