Terlibat Korupsi, Edmon Anak Mantan Bupati Kerinci Dituntut 4 Tahun 10 Bulan Penjara

Ket Foto: Sidang Tuntutan Kasus Korupsi RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018. Edmon Memakai Rompi Orange KPK. (dok)

JAMBI,GEGERONLINE.CO.ID-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Edmon anak mantan Bupati Kerinci Murasman dengan pidana penjara selama 4 tahun 10 bulan ditambah dengan uang pengganti. Dan Rahima, istri mantan Gubernur Jambi Fachrori Umar, dengan pidana penjara selama 4 tahun 5 bulan dalam perkara korupsi pengesahan RAPBD Jambi.

Selain Edmon dan Rahima, Empat mantan anggota DPRD Provinsi Jambi yaitu, Mely Hairiya, Luhut Silaban, M Khairil dan Mesran, saat itu juga turut disidangkan, Kamis (2/5/2024).

Bacaan Lainnya

JPU dalam tuntutannya mengatakan, terdakwa Rahima yang merupakan anggota DPRD Jambi periode 2014-2019 bersalah, serta turut terlibat dan menerima Rp 200 juta uang suap ketok palu atau pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017-2018 yang merugikan negara miliaran rupiah.

Jaksa juga menuntut terdakwa lainnya, Mely Hairiya, Luhut Silaban, M. Khairil, Mesran selama empat tahun tiga bulan penjara. Sementara, terdakwa Edmon dituntut pidana penjara selama empat tahun 10 bulan.

“Untuk terdakwa Edmon dan terdakwa M Khairil, kami berikan tambahan pidana uang pengganti, sebab mereka belum mengembalikan uang,” kata Jaksa KPK Hidayar.

Terkait pidana uang pengganti, JPU menyebutkan untuk terdakwa M Khairil telah menerima uang suap ketok palu senilai Rp 200 juta, tetapi baru dikembalikan Rp 100 juta, artinya kurang Rp 100 juta.

“Maka itu yang kami tuntut di uang penggantinya,” jelas Hidayar.

Sidang dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Jambi yang diketuai oleh Tatap Urasima Situngkir Hakim Ketua dan Hakim Anggota Alfretty Marojahan Butar Butar dan Lamhot Nainggolan.

Persidangan akan dilanjutkan pada Senin 13 Mei 2024 dengan agenda pembacaan pledoi dari kuasa hukum terdakwa. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *