Bimtek Kades Se-Kota Sungai Penuh ke Jakarta Diduga Bernuansa Politik

Ket Foto: Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir Saat Membuka Acara Bimtek Kades Se Kota Sungai Penuh di Jakarta. (dok Gegeronline)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengganggaran, Pengelolaan, Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa dengan aplikasi sistim keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.6 yang diikuti oleh Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kota Sungai Penuh yang diselenggarakan di Hotel LTC Glodok Jakarta Barat, menjadi polemik ditengah masyarakat.

Sebab agenda Bimtek yang dianggap penting itu dinilai tidak efektif dan disinyalir hanyalah pemborosan anggaran serta diduga bernuansa politik.

Bacaan Lainnya

Acara Bimtek tersebut dihadiri oleh Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir, dan dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 23-25 Mei 2024. Diikuti oleh Sekdes, Kasi dan Operator yang direkomendasikan

“Apa yang didapat dari Bimtek, jangan Bimtek dijadikan modus para Kades untuk menggambarkan anggaran Desa yang dinilai tidak ada azas manfaat bagi masyarakat. Masyarakat membutuhkan tunai bukan Bimtek” kata Salmi, warga Kota Sungai Penuh, Kamis (23/05/2024).

Salmi juga menyampaikan, bukan sedikit SPPD untuk acara Bimtek. Satu Desa paling tidak dianggarkan lebih kurang Rp 20 juta, ungkap Salmi

Oleh sebab itu, dirinya menduga Bimtek dijadikan cara oleh pak Ahmadi Zubir untuk melakukan intervensi kepada Kades se Kota Sungai Penuh. Sebab dirinya akan maju di Pilwako November 2024, ungkapnya.

Sementara itu, salah satu Kades saat dikonfirmasi Gegeronline membenarkan bahwa adanya acara Bimtek yang dilaksanakan di jakarta.

“Ya, saat ini sedang acara pembukaan Bimtek yang dibuka langsung oleh pak Wako Ahmadi Zubir” ujar Kades sambil meminta namanya untuk tidak dituliskan.

Untuk diketahui, dengan ditetapkannya Permendagri nomor 20 tahun 2018 sebagai pengganti Permendagri 113 Tahun 2004 tentang pengelolaan keuangan Desa.

Sebagai langkah awal penyesuaian dan penyempurnaan Aplikasi Siskeudes 2.0.6 untuk tahun 2024. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan aparatur Desa dalam mempergunakan Aplikasi Siskeudes terbaru 2.0.6. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *