Bimtek Kades Se-Kota Sungai Penuh yang Dikondisikan Dedi Gusrizal Diduga Ada Intervensi Politik Wako Ahmadi

Ket Foto: Suasana Bimtek Kades Se Kota Sungai Penuh di Jakarta. (Kiri) Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir dan (Kanan) Kabid Pemdes Dedi Gusrizal. (dok Gegeronline)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Desa (Kades) Se-Kota Sungai Penuh yang diselenggarakan di Jakarta, diduga dikondisikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Bimtek tersebut dinilai banyak pihak hanya untuk sekedar menghamburkan uang Negara sebesar yang bersumber dari Dana Desa. Selain itu kuat dugaan ada kepentingan Politik Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir yang akan mencalonkan diri di Pemilihan Walikota 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Menurut warga, kalau sekedar Bimtek bisa dilaksanakan di Kota Sungai Penuh, untuk apa jauh-jauh ke Jakarta hanya sekedar untuk mempelajari penggunaan Siskeudes. Dan untuk operator rasanya sudah tahu bagaimana cara mempergunakan aplikasi Siskeudes” kata Taufik warga Kota Sungai Penuh, Jum’at (24/5/2024).

Menurut dia, pertama kali aplikasi Siskeudes diluncurkan, setiap operator sudah melaksanakan tata cara penggunaan aplikasi tersebut, ujarnya.

“Ya dengan adanya Bimtek di Jakarta tentu akan ada SPPD. SPPD yang dianggarkan setiap Desa tidak sedikit” ungkapnya.

Informasi yang diperoleh Gegeronline dari peserta Bimtek Kades di Jakarta, bahwa ntuk satu peserta menyetorkan uang kepada panitia pelaksana sebesar Rp 4 juta, dan setiap peserta yang berangkat ke Jakarta dianggarkan lagi Rp 10 juta per orang Dana Desa masing-masing Kades.

Salah satu staf Desa peserta Bimtek dikonfirmasi membenarkan bahwa setiap peserta yang mengikuti Bimtek Siskeudes ke Jakarta menyetorkan uang kepada panitia pelaksana sebesar Rp 4 juta untuk satu orang peserta, ungkapnya.

“Benar, untuk satu orang peserta Bimtek membayar Rp 4 juta kepada panitia, dan untuk uang saku Rp 10 juta itu per orang, 10 juta tersebut sudah masuk untuk tiket pesawat dan sewa hotel. Acara tersebut dikondisikan oleh Dedi Gusrizal Kabid Kabid Dispora DPMD Kota Sungai Penuh,” ungkap sumber yang minta namanya dirahasiakan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, selain Bimtek Kades dan stafnya juga mengadakan pertemuan dengan Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir, pertemuan itu diduga untuk nengintervensi Kades agar memilih dirinya pada Pilwako yang akan digelar pada November 2024. Sebab pertemuan tersebut dilaksanakan diluar agenda Bimtek.

Sementara itu, Kabid Pemdes Dedi Gusrizal dikonfirmasi Via telpon cellulernya bernada tidak aktif. Hingga berita ini dipublis belum ada jawaban resmi dari Dedi Gusrizal selaku Kabid Pemdes.

Diketahui acara Bimtek Kades se Kota Sungai Penuh dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 23 – 25 Mei 2024 di Hotel LTC Glodok Jakarta Barat. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *