Insya Allah Al Haris Terpilih Kembali

Rizal Djalil Mantan Anggota DPR RI Dapil Jambi. (Ist)

Oleh: Prof, Dr, Rizal Djalil Politisi Senior dan Mantan Ketua BPK-RI Lahir di Kerinci

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi yang akan diselenggarakan pada November 2024 bersamaan dengan Pemilihan serentak Kepala Daerah lainnya di Republik Indonesia. yang kita cintai ini.

Bacaan Lainnya

Sejumlah Bakal Calon telah berrmunculan, salah satunya putra terbaik Provinsi Jambi. DR Al Haris Gubernur Propinsi Jambi periode 2020-2024 dan Romi Hariyanto Bupati Tanjung Jabung Timur dua periode sekaligus ketua DPD PAN Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Selain itu ada juga Bakal Calon Potensial lainnya, ada yang sedang menunggu hasil survei dan adapula yang sedang menimbang nimbang, tetap lanjut sebagai Anggota DPRRI terpilih atau maju sebagai Bakal
Calon Gubernur dengan resiko politik dan finansial yang sangat besar?.

Keberhasilan Al Haris terlepas dari rumit dan kompleksya masalah angkutan batu bara di Jambi, terkait hal ini penulis akan membahas secara detail dan rinci pada kesempatan lain- semua program Al Haris sebagai Gubernur relatif berhasil. Yang paling fenomenal untuk ukuran Jambi program Dumisake atau Dua Miliar per Kecamatan.

Walaupun belum ada studi khusus tentang program tersebut, namun hasilnya telah dinikmati oleh masyarakat Provinsi Jambi. Selanjutnya Walaupun beberapa daerah lain mengalami kontraksi eokonominya, namun Provinsi Jambi tetap tumbuh ekonominya sekitar 4 persen pada trisemester 1 tahun 2024.

Laju inflasi pada periode yang sama hanya 3 persen.Indek kualitas Pembangunan Manusia sebesar 72, 75 persen pada akhir 2023, lebih tinggi dari Provinsi tetangga Sumatera Selatan. Stadion Pijoan yang akan menjadi kebanggaan seluruh elenen masyarakat Jambi akan selesai dalam waktu dekat.

Dengan keberhasilan yang dicapai tersebut ditambah dukungan politik yang sangat besar Sebagai Petahana dari beberapa Partai Politik yang mempunyai jumlah kursi signifikan di DPRD Provinsi Jambi maka peluang Al Haris terpilih untuk kedua kalinya semakin terbuka.apalagi informasi A1 dari Elit DPP PAN di Jakarta, PAN akan kembali mengusung Al Haris sebagai Bakal Calon Gubernur Jambi. Sinyal ini terlihat dari kehadiran Al Haris pada Rakernas PAN dan kunjungan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ke Jambi beberapa waktu lalu.

Bagaimana dengan peluang Romi Haryanto,? Romi adalah kader PAN 24 karat, disamping itu ia dekat dengan semua Elite PAN di Pusat (Jakarta). Berbekal segudang pengalaman sebagai politisi dan Kepala Daerah serta ditambah kesiapan Faktor-faktor penunjang lainnya tidak lah sulit bagi Romi untuk mendapatkan perahu politik dalam cuaca politik yang masih mencair saat ini.

Tapi sebagai kader yang punya jam terbang politik tinggi, Romi tetap akan berkonsultasi dan menghadap Ketua Umum Partai yang telah membesarkannya yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta.

Saya yakin Ketum PAN mempunyai solusi terbaik buat Romi dan juga terbaik buat Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *