Pusri Amsy-Mulyadi Yakup Belum Penuhi Syarat Dukungan Ikut Pilwako Sungai Penuh

Ket Foto: Pusri Amsyi (Kiri) dan Mulyadi Yakub (Kanan). (Ist)

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID-Pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Sungai Penuh jalur perseorangan Pusri Amsyi-Mulyadi Yakup dinyatakan belum memenuhi syarat Verifikasi administratif dukungan.

Hal itu dinyatakan setelah KPU Kota Sungai Penuh mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi administrasi dokumen pendukung Pusri Amsy dan Mulyadi Yakub sejak 12 Mei hingga 2 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Eis Dapid Lendra menyatakan, kewajiban KPU Kota Sungai Penuh adalah melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen dukungan dan sebaran yang  telah diserahkan. Ada tiga kriteria penilaian dari verifikator, Memenuhi Syarat (MS), Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan terakhir Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kalau ditemukan dukungan ganda internal, maka sudah jelas akan TMS, tetapi kalau Formulir MODEL B.1 KWK PERSEORANGAN tidak ditandatangani maka akan BMS, masih banyak syarat lainnya perlakuan yang kami lakukan akan BMS, sesuai dengan surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 815/PL.02.7-SD/05/2024” tegas anggota KPU Kota Sungai Penuh 2 (dua) periode ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Sungai Penuh Jumiral Lestari menyampaikan dari jumlah dukungan yang disampaikan oleh bakal pasangan calon sebanyak 7.716, maka berdasarkan hasil verifikasi administrasi terdapat dukungan MS sebanyak 6274, BMS 919, dan yang TMS 523.

“Berdasarkan angka tersebut, maka status verifikasi administrasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan Drs. Pusri Amsyi, M.M., M.H dan Drs. Mulyadi Yacoub BMS, lantaran tidak memenuhi syarat angka minimal dukungan yang mencapai 7.260,”jelasnya.

Mantan Ketua Bawaslu Kota Sungai Penuh ini menegaskan, meski pada tahap verifikasi administrasi ini dukungan bakal pasangan calon masih berstatus BMS, tapi masih ada tahapan perbaikan dari tanggal 3 Juni s.d 7 Juni 2024.

“Di tahapan ini, bapaslon perseorangan boleh menambah dukungan dan memperbaiki dukungan yang statusnya BMS pada saat tahapan verifikasi awal. Selanjutnya dilakukan verifikasi administrasi perbaikan kesatu oleh KPU Kota Sungai Penuh, jika memenuhi minimal dukungan 7.260 dan sebaran di lebih 50% Kecamatan yang ada di Sungai Penuh maka akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual,” terangnya. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *