Ciri-Ciri Manusia Penjilat Atasan

  • Whatsapp

Oleh : Bujang Purajuk

Terkadang mungkin Anda tidak sadar bahwa apa yang sedang Anda lakukan adalah perbuatan yang paling Anda hindari, yaitu menjilat atasan.

Bacaan Lainnya

Banyak cara untuk mencari perhatian di tempat kerja. Baik itu kepada teman-teman satu tim ataupun atasan. Siapa sih yang tak ingin terlihat menonjol di mata orang lain? Lebih-lebih dalam konteks pekerjaan, menonjol dapat membantu perkembangan karier anda. Sadar atau tidak, jangan-jangan anda pernah melakukan sesuatu untuk menjilat teman atau atasan.

1. Rajin dan Tekun Hanya Ketika Ada Bos

Setiap bos ada di kantor, Anda terlihat sibuk dengan pekerjaan dan bekerja keras untuk menyelesaikannya lebih cepat dari tenggang waktu yang ditentukan. Tetapi ketika bos sedang ada perjalanan dinas ke luar kota dan tak berada di kantor untuk beberapa hari, Anda justru santai dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk bergosip dan mengobrol di telepon.

2. Membawakan Oleh-oleh Khusus

Anda baru saja pulang dari jalan-jalan ke Jepang, dan membawa oleh-oleh untuk teman satu kantor berupa makanan khas negeri sakura. Tetapi selain itu Anda juga membawa boks mungil berpita cantik berisi souvenir mahal yang diletakkan di meja bos. Tandanya, Anda sudah mulai cari muka. Hati-hati saja, karena tak semua tipe atasan bisa menerima strategi cari muka Anda ini.

3. Lebih Memilih Bergaul Dengan Senior atau Atasan

Awal bekerja, tentunya Anda dekat dengan teman kerja satu angkatan dan sering pergi makan siang bersama. Ketika ada tawaran promosi jabatan, tiba-tiba Anda sudah mulai jarang bergaul dengan teman satu angkatan dan lebih memilih bersenda gurau dengan para senior. Anda juga lebih memilih untuk pergi makan siang dengan senior atau atasan. Dalam tahap ini, anda sudah mulai mengeksklusifkan diri.

4. Gemar Menceritakan Kebaikan Diri

Anda sedang makan siang di luar dengan para senior, dan dengan penuh semangat anda menceritakan apa saja yang telah Anda kerjakan dan keberhasilan-keberhasilan yang telah Anda peroleh dalam melakukan sebuah proyek. Dengan menceritakan semuanya tanpa ditanya, bisa dibilang Anda sedang melakukan aksi cari muka secara terselubung.

5. Senang Mencari Kesalahan Orang Lain

Saat berjalan melewati meja salah seorang rekan kerja, Anda melihat ia sedang membuka situs jejaring sosial. Dengan lantang Anda berkata, “Kerja dong….jangan main Facebook aja.” Secara tidak sadar, anda telah melakukan pembunuhan karakter terhadap teman Anda tersebut. Karena ketika senior atau atasan mendengarnya, rekan Anda bisa dianggap pemalas.

6. Sengaja Mengulur Waktu Pulang

Apakah Anda termasuk orang yang sering keluar dari kantor belakangan menunggu atasan pulang dahulu? Jika iya, perlu ditelusuri dulu apakah Anda melakukannya karena masih ada pekerjaan yang belum terselesaikan atau sekedar ingin terlihat pekerja keras padahal tak ada tugas yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda sengaja mengulur waktu pulang agar terlihat rajin dan bekerja tanpa kenal waktu, artinya Anda sudah mulai menjadi tersangka seorang ‘PENJILAT’.

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *