Dewan : Lokasi TPA Sampah Pemkot Sungai Penuh di RPT Tidak Layak

SUNGAIPENUH,GEGERONLINE.CO.ID–Aksi damai masyarakat Desa Sungai Ning menolak keberadaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Renah Padang Tinggi (RPT) Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh di gedung DPRD, Senin (1/8/22) mendapat tanggapannya serius Dari anggota Dewan Kota Sungai Penuh.

Menindaklanjuti tuntutan masyarakat Ketua, Wakil Ketua dan sejumlah anggota DPRD, Selasa (2/8/22) lamgsung mengecek lokasi TPA sampah di RPT.

Bacaan Lainnya

“Kehadiran kita hari ini di tempat pembuangan sampah di RPT ini untuk menindaklanjuti aksi masyarakat Desa Sungai Ning atas penolakan tempat pembuangan sampah skala kawasan Kota Sungai Penuh yang berada di RPT,” ungkap Fajran, Ketua DPRD Sungai Penuh, Selasa (2/8/2022).

Gayung bersambut, Syafriadi, Wakil Ketua DPRD Sungai Penuh langsung mengomentari bahwa lokasi TPAS RPT itu sangat tidak layak. Dikarenakan lokasi tidak tepat berada di kemiringan serta sangat rawan. Ia melihat lokasi itu berpotensi dapat menyebabkan longsor dan banjir bandang.

“Lokasi ini juga tidak memiliki AMDAL, kami rasa jika dipaksakan juga untuk mengurus AMDAL, tidak akan diterbitkan izinnya, karena sangat tidak layak,” tegas politisi Fraksi Partai Hanura ini.

Setelah tinjau langsung lokasi TPAS di RPT, anggota dewan DPRD Sungai Penuh ini kompak menolak.

Seperti dikatakan Ferry Satria, anggota Fraksi PKS. Ia menyatakan dari awal PKS tidak menyetujui lokasi Tempat Pembuangan Sampah di RPT dikarenakan tidak memiliki dasar hukum, kenapa Pemkot buang sampahnya disini, sementara belum memiliki regulasi yang jelas, ungkap Feri.

Begitu juga yang disampaikan Andi Oktavian dari Fraksi PPP menolak keberadaan TPAS RPT di Desa Sungai Ning.

Diakhir tinjauan ke lokasi, dewan akan memanggil pihak terkait. Pihak dari Pemkot, dan Dinas terkait.

Namun, saat di lokasi Plt Kadis LH Wahyu Rahman ketika dikonfirmasi malah mengatakan dasar dari penetapan lokasi TPAS RPT dari Berita Acara Rapat Forkopimda Kota Sungai Penuh. (Tm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *